Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kemarau Panjang, Ratusan Warga Bandungsari Grobogan Salat Istisqa Minta Hujan

MURIANEWS.com, GroboganRatusan warga Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan menggelar salat Istisqa di lapangan desa setempat, Senin (23/9/2019). Pelaksanaan salat untuk meminta hujan itu dipimpin ulama setempat KH Nurul Huda Muslih. Sedangkan untuk khutbah disampaikan KH Rif’an Rosyid.

Kepala Desa Bandungsari Ledy Heriyanto mengatakan, pada musim kemarau ini, banyak warga yang diterpa kesulitan untuk mendapatkan air. Sebab, selama empat bulan terakhir, di wilayah desanya belum terguyur air hujan. Kondisi itu membuat warga cemas lantaran  sungai dan sumber air bersih sudah mulai menipis.

“Kekeringan kali ini memang cukup parah, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Saat ini, persediaan air sudah kecil sekali dan warga khawatir kehabisan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya, Senin (23/9/2019).

Dikatakan, beberapa hari sebelum melaksanakan salat Istisqa, sebagian warga ada yang menjalankan puasa. Selain warga, salat minta hujan juga diikuti puluhan santri dari beberapa pondok pesantren yang ada di Bandungsari.

“Kami berharap dalam waktu dekat sudah turun hujan. Sebab, dalam waktu dekat sudah memasuki musim tanam sehingga petani butuh banyak air guna mempersiapkan lahan pertanian,” imbuhnya.

Sementara itu, dampak kemarau di wilayah Grobogan semakin meluas hingga saat ini. Data yang dimiliki BPBD Grobogan, sebanyak 117 desa di 16 kecamatan yang terdampak bencana kekeringan dan sudah mendapat bantuan air bersih.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...