Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Forkopimda Ziarah ke Makam Mantan Bupati Kudus di Pesarean Sidomukti

MURIANEWS.com, Kudus –  Hari Ulang Tahun ke-470 Kabupaten Kudus jadi ajang pengingat sejarah Kota Kretek. Salah satunya dengan ziarah makam bupati Kudus terdahulu di pesarean Sidomukti. Hal tersebut merupakan bentuk penghormatan atas jasa para bupati yang membangun Kudus sejak zaman dahulu.

“Ini merupakan bentuk penghormatan kami sebagai generasi penerus,” kata Plt Bupati Kudus HM Hartopo usai berziarah ke kompleks Makam Sido Mukti, tempat bersemayamnya beberapa mantan Bupati Kudus, Senin (23/9/2019) pagi bersama unsur Forkopimda.

Agenda tilik kubur makam Bupati Kudus terdahulu juga bakal dilakukan secara rutin di tiap tahunnya, terutama saat perayaan HUT Kudus. Dengan harapan, masyarakat maupun para penerus pemangku kebijakan tidak lupa pada sejarah yang ada di Kota Kretek.

“Ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya sehingga tidak tergerus zaman,” ucapnya.

Sedang untuk Kudus sendiri, Hartopo menilai Kudus sedang dalam perkembangan yang cukup pesat, baik dari sektor pembangunan maupun sektor lainnya. Hanya, pada sektor Sumber Daya Manusia diakui perlu adanya peningkatan.

“Selalu ada pertumbuhan di setiap sektor walau beberapanya memang butuh pembenahan,” katanya.

Jika SDM bisa diperkuat kembali, maka pembangunan Kudus akan semakin pesat. Tentunya, semua kalangan perlu bersinergi dalam hal ini. Baik para pemangku kebijakan (Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif) maupun para masyarakat Kudus sendiri.

“Perlu sinergitas bersama untuk membangun Kudus yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi Informasi Kabupaten Kudus Kholied Seif menambahkan,  ziarah ke makam para Bupati Kudus terdahulu juga dilakukan untuk menelusuri serta meluruskan sejarah. Dengan harapan, Kudus punya sejarah yang konkrit terkait ada di mana saja makam-makam Bupati Kudus berada.

“Ini juga sebagai penulurusan untuk sebuah sejarah Kudus,” ucapnya.

Kepada masyarakat, Kholied berpesan jika mengetahui keberadaan salah satu makam Bupati Kudus maka bisa diberitahukan ke Pemkab. Dengan begitu, pendataan serta pengurutan sejarah bisa semakin mudah.

“Jika memang ada masyarakat yang tahu, monggo kami diberitahu,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...