Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kemarau Panjang, Warga Juwana Pati Salat Istisqa untuk Minta Hujan

MURIANEWS.com, Pati – Warga Kecamatan Juwana menggelar salat Istisqa di alun-alun setempat, Minggu (22/9/2019). Shalat istisqa dilakukan dengan harapan agar Allah segera menurunkan hujan. Ini lantaran, sebagian besar masyarakat di wilayah Kabupaten Pati sudah kesulitan untuk mendapat air bersih karena kemarau panjang.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, Salat Istisqa tersebut diikuti oleh ratusan warga, mulai dari orang tua hingga para remaja. Sebagai imam Salat Istisqa adalah Rais Suriyah MWC Nahdatul Ulama (NU) Juwana KH. Abdul Hamid.

Usai memimpin salat KH. Abdul Hamid, mengatakan, Salat Istisqa ini dilakukan secara berjamah dua rekaat dengan tujuan meminta segera diturunkan hujan.

“Melalui Salat Istisqa ini, kita berdoa kepada Allah mohon ampun dan berharap ada anugerah dari Allah dengan menurunkan hujan,” kata KH Abdul Hamid.

Sementara itu, salah satu peserta Salat Istisqa, Ayyun Afroh berharap agar doanya dan warga lainya segera diijabah oleh Allah dan segera diturunkan hujan. Mengingat saat ini banyak warga yang sudah kesulitan mendapatkan air bersih.

“Saat ini yang paling diharapkan oleh warga yang dilanda kekeringan adalah cepat turun hujan, karena keberadaan air sangat penting untuk memenuhi kebutuahan sehari-hari” imbuhnya.

Ayyun yang juga Ketua Ikatan Haji Muslimat Juwana dalam kesempatan itu juga turut mendoakan agar musibah kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan dan Riau segara dapat cepat diatasi agar kabut asap segera usai.

Menurutnya, musim kemarau tahun ini, sudah berlangsung cukup lama dan dampaknya juga sudah meluas. Karena alsan itu, setiap organisasi dalam naungan NU diintruksikan untuk membantu para warga yang terdampak kekeringan.

“Intruksi dari PBNU Pusat memang meminta agar semua organisasi termasuk Ikatan Haji Muslimat Juwan untuk turun langsung membantu saudara-saudara kita yang kekeringan. Dan alhamdulilah kami sudah melaksanakan intruksi itu dengan memberikan bantauan berupa droping air bersih di sejumlah desa terdampak,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...