Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

400 Atlet Ikuti Jepara International Triathlon

MURIANEWS.com, Jepara – Even Jepara International Triathlon (JIT) secara resmi dibuka pada Sabtu (21/9/2019) di Pantai Bandengan Jepara. Ajang internasional ini kembali menjadi perhatian masyarakat Jepara setelah dibuka Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Antusias warga dan peserta yang semakin meningkat, membuat Dian Kristiandi meminta agar pelaksanaannya ditingkatkan. JIT berlangsung selama dua hari sampai Minggu (22/9/2019) di kawasan Pariwisata Pantai Bandengan, Jepara.

Tahun ini jumlah peserta yang ambil bagian dalam JIT 2019 di Pantai Bandengan Jepara naik berkali lipat. Jika pada pelaksanaan 2018 lalu ada 120 peserta, saat ini tercatat sekitar 400 peserta yang ikut ambil bagian.

Ketua Panitia Pelaksana, Andang Wahyu Triyanto menyatakan, Jepara International Triathlon 2019, merupakan yang ke-empat kalinya digelar. Mengambil lokasi perlombaan yang sama di Pantai Bandengan Jepara, even internasional ini digelar dengan format yang lebih baik.

Pelaksanaan kegiatan JIT akan terus ditingkatkan dari tahun ketahun agar menjadi semakin baik. Mulai kesiapan panitia, hingga hotel dan penginapan bagi para peserta. Untuk tahun depan, kegiatan ini direncanakan untuk bisa mengundang atlet luar negeri dalam jumlah lebih banyak.

“Perlu dipersiapkan mulai dari sekarang, kelebihan kita ada di trek renang. Karena air yang bersih dan ombaknya yang tenang. Ke depan, nilai internasionalnya harus lebih kuat lagi. Sehingga even ini bisa memberi dampak juga bagi dunia industri dan pariwisata,” kata Andang Wahyu Triyanto.

Sementara itu Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan even ini harus terus dikembangkan lebih jauh lagi. Tidak semata-mata hanya even olahraga, namun juga harus bisa menjadi even pariwisata.

Pemkab Jepara akan memberikan support penuh dengan menyediakan infrastruktur yang mumpuni agar pelaksanaannya lebih berkembang ke depannya. JIT 2019 akan menjadi agenda tahunan yang diharapkan mampu mendorong promosi pariwisata di Kota Ukir.

“Antusias peserta sangat luar biasa, tidak hanya dari dalam negeri, namun juga luar negeri. Saya bangga,” kata Dian Kristiandi, Sabtu (21/9/2019).

Dari kalangan Atlet, Andi Gumilang yang merupakan anggota Tim AL Indonesia menyebutkan dari sisi pelaksanaan JIT 2019 sudah semakin baik. Untuk trek renang sangat bagus, namun untuk trek sepeda dan lari yang perlu dipersiapkan lebih baik.

“Di trek renang sudah bagus. Tapi untuk lari dan sepeda, tampaknya perlu diperbaiki pelaksaannya. Saya melihat belum sepenuhnya clear dari orang yang berlalu lalang. Tapi sejauh itu tidak ada masalah,” ujar Agung Gumilang, yang juga akan turun di Ajang Triatlon Guangzhou China, Oktober tahun ini.

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...