Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Air Asin dari Liang Tapa Pendem Mbah Peni Berubah Rasa Jadi Tawar

MURIANEWS.com, Pati – Liang untuk tapa pendem Mbah Pani di rumahnya di Desa Desa Bendar RT 3 RW 1, Kecamatan Juwana, Pati, terus mengeluarkan air. Keluarga pun menguras setiap 10 menit menggunakan pompa air. Anehnya, air yang semula asin, tiba-tiba berubah menjadi tawar.

Sri Khumaidah, istri Mbah Pani menyebut, ketika pertama kali dikuras, air tanah yang ke luar tersebut berasa asin layaknya air laut. Namun, beberapa saat setelah liang pertapaan digunakan Mbah Pani, air tersebut berubah rasanya menjadi tawar.

“Awalnya itu airnya asin, karena kan memang dekat laut sih ya. Itu sempat dirasakan sama adik saya, asin. Tapi kemudian berubah jadi tawar setelah ditempati Mbah Pani,” katanya.

Joko Wiyono, adik ipar Mbah Pani mengaku sempat merasakan air tanah yang ke luar dari liang pertapaan Mbah Pani. Secara tegas diapun mengatakan bahwa rasanya tawar. Bahkan berasa seperti air yang ke luar dari sumber mata air asli.

“Rasanya itu seperti air sumber asli, enggak seperti air matang, tapi seperti air yang di mata air begitu, khas dan segar. Saya minum berkali-kali,” jelasnya.

Air tanah yang keluar pun ditampung di jeriken air besar. Warga yang datang juga turut merasakan air tersebut. Pengakuannya rata-rata sama.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Baca juga: 

Comments
Loading...