Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dibangkitkan Setelah Lima Hari Tapa Pendem, Begini Kondisi Mbah Pani

MURIANEWS.com, Pati – Setelah menjalani ritual tapa pendem sejak Senin (16/9/2019), Jumat (20/9/2019) sore tadi, Supani (63) warga Desa Bendar RT 3 RW 1, Kecamatan Juwana, Pati, dibangkitkan dari tempat pertapaanya. Selama lima hari Mbah Pani menjalani laku ritual langka ini.

Proses pembongkaran juga sudah rampung. Mbah Pani sudah berkumpul dengan keluarga. Lalu bagaimana kondisi kesehatanya?

Setelah ke luar dari liang pertapaan, kondisi kesehatan Mbah Pani pun langsung diperiksa oleh tim medis dari Puskesmas Juwana.

Ajaibnya, dari hasil pemeriksaan, Mbah Pani pun dinyatakan sehat. Padahal selama melalukan ritual ini Mbah Pani sama sekali tak makan atau minum.

“Kondisinya bagus. Pernapasan dan tensinya juga bagus. Alhamdulillah semuanya bagus,” kata Hardi Widiyono, tim medis dari Puskesmas Juwana.

Dia menambahkan, pada saat ke luar dari liang pertapaan, kondisi Mbah Pani memang lemas. Menurutnya hal itu wajar lantaran Mbah Pani tidak mengonsumsi makanan maupun minuman selama lima hari.

“Kalaupun lemas, itu lumrah. Apalagi selama di dalam bisa dikatakan kekurangan cairan,” imbuhnya.

Baca juga: 

Setelah pemeriksaan itu, pihaknya pun tidak akan melakukan pemantauan lantaran dinyatakan sehat. Hanya saja, jika ada gejala tidak enak, Mbah Pani diminta untuk periksa ke bidan desa.

 

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...