Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Embung Karanggondang Jepara Bakal Dilebarkan, Petani Berharap Bisa Tanam Tiga Kali Setahun

MURIANEWS.com, Jepara – Perluasan Embung Karanggondang, diharapkan bisa segera direalisasikan. Sehingga para petani di Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Jepara bisa menambah masa tanam mereka, dari dua kali menjadi tiga kali setahun.

Ketua Kelompok Tani Lohjinawe, Desa Karanggondang,  Warkoyo menyatakan, embung itu saat ini kapasitasnya terbatas. Untuk meningkatkan kapasitasnya, pihaknya mengajukan bantuan untuk perluasan embung tersebut.

Rencana ini sudah dirembug bersama, dan rencananya akan menggunakan tanah banda desa. Pihaknya juga sudah menyampaikan hal ini ke bupati Jepara, dan sudah dijanjikan akan dibantu pembangunan.

“Sejauh ini sudah ada embung kecil yang sumber airnya dari mata air tanah. Agar lebih maksimal, kami berencana untuk memperluas sehingga bisa maksimal untuk pengairan,” ujar Warkoyo, Jumat (20/9/2019).

Rencananya, embung tersebut akan diperluas menjadi berukuran 40×40 meter dengan kedalaman 12 meter. Perluasan itu diharapkan mampu menampung lebih banyak air, dan memberi daya dukung bagi usaha pertanian yang ada.

Selama ini  embung yang ada sudah bisa mengairi sekitar 60 hektare sawah di sekitarnya. Namun karena kapasitas tampung airnya terbatas, sawah yang teraliri hanya bisa ditanami dua kali setahun.

“Nanti kalau sudah diperluas, kami berharap bisa menanam tiga kali dalam setahun. Pak Bupati sudah menyampaikan lampu hijau untuk membantu,” tambahnya.

Terpisah, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, pemkab memang siap memberikan bantuan atas rencana masyarakat Karanggondang tersebut. Meski demikian, pihaknya meminta agar proses administrasi tanah desa yang akan dijadikan embung sudah beres.

Pemkab melalui dinas teknis juga diupayakan bisa mengucurkan bantuan untuk membuat talud keliling embung. Prosesnya melalui pengajuan dan penganggaran di APBD.

“Nanti akan kita bantu, tetapi ya harus nunggu penganggaran. Kalau masalah alat berat, segera kita kirim jika tanah sudah beres administrasinya. Intinya dibantu,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...