Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belum Ada Pimpinan Definitif, Dua Anggota DPRD Jepara Tak Gajian

0 211

MURIANEWS.com, Jepara – Belum adanya pimpinan Defenitif DPRD Jepara ternyata berdampak bagi dua orang politisi asal Partai Gerindra. Sebab situasi ini, membuat dua politisi tersebut sampai saat ini belum bisa mendapatkan hak-haknya dan belum bisa menjalankan kewajibannya.

Mereka hingga kini tak ada yang melantik, karena belum adanya pimpinan definitif. Pasalnya, saat pelantikan beberapa waktu lalu, dua anggota dewan terpilih ini tak bisa ikut pelantikan karena tengah menjalankan ibadah haji.

Sekretaris DPRD Jepara Trisno Santoso membenarkan hal ini. Dua orang politisi Gerindra tersebut yakni H Harmoko dan H M.Rizal.

Kendati keduanya sudah mendapatkan SK dari gubernur Jawa Tengah sebagai anggota DPRD Jepara, namun karena belum dilantik, maka mereka belum bisa mendapatkan hak-haknya. Termasuk gaji.

Selain hak, mereka bahkan juga belum bisa melaksanakan kewajibannya sebagai anggota DPRD Jepara.

“Sesuai aturan, beliau-beliau ini memang harus dilantik oleh pimpinan definitif. Karena sampai saat ini belum ada, ya konsekuensinya tidak bisa diberikan hak-haknya. Walaupun sudah ada SK dari gubernur sekalipun,” ujar Trisno Santoso, Jumat (20/9/2019).

Persoalan ini menurut dia, diharapkan sudah bisa selesai dalam bulan ini. DPC PDIP Jepara dikabarkan sudah akan mengirimkan surat rekomendasi calon pimpinan yang diajukan. Sehingga diharapkan proses pembentukan pimpinan definitif bisa segera diproses.

Dari informasi yang sudah diterimanya, DPC PDIP Jepara, sudah mengajukan surat rekomendasi hari Jumat (20/9/2019) ini. Sehingga Senin (22/9/2019) sudah bisa dibahas untuk kemudian segera disampaikan ke gubernur Jawa Tengah.

“Mudah-mudahan dalam pekan-pekan depan masalah ini sudah bisa terselesaikan. Sehingga kinerja DPRD Jepara bisa menjadi optimal. Mudah-mudahan lancar,” tambah Trisno Santoso.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Jepara Andang Wahyu Triyanto menyatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat rekomendasi soal calon pimpinan definitif dari partainya.

Pihaknya kini menunggu untuk segera ditindaklanjuti. Dalam rekomnedasi itu, PDIP menunjuk Junarso, yang saat ini duduk sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Jepara, menjadi calon pimpinan.

“Kami mohon maaf jika baru bisa memberikan keputusan. Selanjutnya mudah-mudahan semua bisa berjalan sesuai dengan yang telah ditentukan,” katanya.

Dari berbagai informasi yang berkembang, belum berprosesnya pembentukan pimpinan definitif DPRD Jepara disebabkan karena terjadinya tarik-ulur soal jatah ketua Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Berubahnya kesepakatan dalam rencana pembentukan AKD memnbuat PDIP Jepara melakukan manuver politik, yang menyebabkan mandegnya proses pembentukan pimpinan definitif.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.