Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Besok, Mbah Pani Dibangkitkan dari Pertapaan

MURIANEWS.com, Pati – Liang kubur yang digunakan Supani (63) atau Mbah Pani warga Desa Bendar RT 3 RW 1, Kecamatan Juwana, Pati, rencananya Jumat (20/9/2019) besok bakal dibongkar. Mbah Pani akan dibangunkan dari pertapaan.

Menurut keterangan Eko, menantu Mbah Pani, memastikan hal ini. Hanya saja, untuk waktu tepanya, belum diketahui secara pasti.

“Nantinya ritual tapa pendem yang dilakoni bapak akan dibongkar pada hari Jumat, tapi untuk jamnya belum pasti,” katanya, Kamis (19/9/2019).

Karena diperkirakan akan ada banyak warga yang menyaksikan pembongkaran ritual tapa pendem itu, maka pihak keluarga pun akan melakukan pembongkaran secara tertutup.

Sementara yang diperkenankan masuk di dalam rumah yang digunakan untuk tapa pendem, hanya orang-orang tertentu, seperti kerabat dan keluarga Mbah Pani.

“Saat dibongkar nanti, yang boleh masuk hanya dari kerabat keluarga dan orang- orang tertentu saja,” terangnya.

Baca juga:

Keputusan ini diambil berkaca dari membeludaknya warga yang datang untuk menyaksikan Mbah Pani dikuburkan pada Senin (16/9/2019). Jika warga diperkenankan masuk, dimungkinkan akan mengganggu prosesi ritual.

Untuk diketahui, Mbah Pani melakukan ritual tapa Pendem yang ke-10 ini adalah pada Senin (16/9/2019) lalu. Ritual itu berjalan selama lima hari, sehingga pada Jumat besok, ritual Mbah Pani dinyatakan selesai.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...