Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Siswa SMK di Kudus Diminta Lebih Berani Kembangkan Potensi Secara Otodidak

MURIANEWS.com, Kudus – Para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kudus diharapkan memiliki kesadaran diri untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Walapun sejatinya pengembangan telah dilakukan pada waktu belajar mengajar di sekolah.

“Anak-anak SMK harus mau belajar lebih,” ucap Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat meresmikan Gedung SMK Beauty and Spa di SMK  PGRI 1 Kudus yang merupakan binaan Djarum Foundation, Kamis (19/9/2019) siang.

Menurutnya, jika keinginan siswa untuk belajar secara mandiri tinggi, skill yang dimiliki siswa akan lebih tinggi serta terasah lagi. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada kompetisi yang dimiliki seorang siswa SMK.

“Jadi tidak hanya mengandalkan sekolah saja,” lanjutnya.

Semisal jika seorang pelajar tersebut merupakan siswa dengan jurusan otomotif, maka belajarlah kembali di bengkel-bengkel secara mandiri. Jika dirasa tidak memungkinkan, maka minimal coba untuk mengutak-atik motor sendiri.

“Dengan begitu rasa ingin tahu serta kompetensi bisa terus diasah,” lanjut Hartopo.

Konsistensi juga diharapkan bisa dimiliki oleh tiap siswa SMK di Kota Kretek. Konsistensinya terkait dengan kecintaannya terhada satu bidang yang ditekuni. Jika mencintai bidang yang ditekuni, maka akan mempermudah jalannya belajar.

“Niat belajar pasti akan muncul dengan sendirinya,” ucap Hartopo.

Hartopo pun berpesan pada seluruh siswa SMK, khususnya bagi siswa yang sekolahnya telah mendapat bantuan pihak swasta. Entah itu Djarum Foundation, Mustika Ratu, ataupun pihak swasta lain.

“Semua fasilitis dimaksimalkan sebaik mungkin untuk belajar, belajar, dan belajar. Sehingga siap menjadi tenaga kerja yang mumpuni,” tandasnya.

Sementara Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H. Serad mengatakan, langkah ini semata ditujukan untuk terus membantu anak negeri menjadi lebih baik. Utamanya dalam bidang pendidikan.

“Ini adalah upaya dalam mengembangkan kompetensi keahlian. Kami memberikan beberapa fasilitas seperti beragam peralatan perawatan kecantikan dan terapi spa. Seperti alat makeup, facial hingga perlengkapan massage terbaik,” ucapnya.

Di sisi lain, Presiden Komisaris PT Mustika Ratu Tbk, Putri Kus Wisnu Wardani menjelaskan, PT Mustika Ratu Tbk sangat mendukung dan senang bekerjasama dengan pemerintah dan Djarum Foundation untuk bergandengan tangan membangun kompetensi guru dan siswa SMK PGRI 1 Kudus.

“Ini sebagai bentuk pengembangan Beauty and Spa Academy yang handal dan menjadi kebanggaan dimana lulusannya adalah siswa-siswa yang siap bekerja dan bersaing dengan penghasilan yang lebih baik di era industri 4.0. ini,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...