Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kapal Hibah Kemenhub untuk Pelayaran Rakyat di Karimunjawa Diluncurkan

0 81

MURIANEWS.com, Jepara – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) memberikan hibah berupa kapal penumpang untuk pelayaran rakyat di Karimunjawa. Kapal ini secara simbolis diperkenalkan pada masyarakat, Selasa (17/9/2019) di Pelabuhan Penyeberangan Pantai Kartini Jepara.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara Deni Hendarko menyebutkan, kapal hibah tersebut sebenarnya sudah diserahterimakan ke Pemkab Jepara sejak akhir Agustus 2019 lalu.

Kapal Motor (KM) dengan nama lambung Banawa Nusantara 98 tersebut rencananya akan digunakan untuk melayani jalur pelayaran rakyat Karimunjawa-Pulau Parang- Pulau Nyamuk PP.

Keberadaan kapal ini diharapkan bisa semakin mendukung pengembangan pariwisata di Karimunjawa dan seluruh pulau-pulau yang ada. Selain itu, yang lebih utama adalah memberikan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat di Desa Nyamuk dan Desa Parang.

“Lebih dari itu, kapal ini diharapkan bisa meningkatkan akses ekonomi, pendidikan dan tentu saja transportasi. Hari ini kapal Banawa Nusantara 98 secara resmi akan dibawa ke Karimunjawa untuk memulai tugasnya di sana,” ujar Deni Hendarko.

KM Banawa Nusantara 98 sendiri merupakan kapal kayu untuk penumpang. Dimensinya memiliki panjang seluruhnya mencapai 17,65 meter dengan lebar 4 meter. Dengan bobot 34 GT (Groos Ton), kapal ini digerakan dengan mesin Izusu Marine berkekuatan 210 tenaga kuda.

Kapasitas penumpang yang bisa diangkut mencapai 24 orang ditambah lima orang awak kapal. Dengan muatan maksimal sebanyak 10 ton.  Kapal ini juga memiliki tangki air tawar dengan kapasitas 250 liter dan tangki bahan bakar dengan kapasitas satu ton.

“Sedangkan kecepatan maksimalnya bisa mencapai  9-10 knot. Klasifikasi memang masih merupakan kapal kayu kelas I-II dan hanya digunakan untuk pelayaran terbatas,” jelas Deni Hendarko.

Sementara itu, acara launching KM Banawa Nusantara 98 dilakukan oleh Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi.  Seromonial ditandai dengan pemecahan kendi di atas geladang depan Banawa Nusantara 98.

Bersama sejumlah pejabat dan wartawan, Dian Kristiandi memimpin acara trial pelayaran kapal ini ke sekitar Pulau Panjang , selama kurang lebih 20 menit.

Dian Kristiandi berharap, beroperasinya kapal ini nantinya bisa semakin memberikan kemudahan akses kehidupan bagi masyarakat di Karimunjawa. Hibah kapal ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam mewujudkan sebuah satu kesatuan wilayah Indonesia.

“Bantuan hibah ini harus bisa semakin memberi dampak bagi pengembangan pariwisata di Karimunjawa. Pariwisata harus bisa menjadi lokomotif perekonomian bagi Jepara. Di mulai dari Karimunjawa, untuk selanjutnya terus berkembang ke semua wilayah,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.