Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Plt Bupati: Sektor Industri Pengelolaan Tembakau Jadi Potensi Utama di Kudus

0 69

MURIANEWS.com, Kudus – Plt Bupati Kudus HM Hartopo menyebutkan, 73,85 persen dari wilayah Kabupaten Kudus saat ini merupakan pengembangan potensi di bidang industri pengelolaan tembakau. Dengan data tersebut, praktis pengelolaan tembakau merupakan potensi utama Kota Kretek.

“Kudus itu potensi utamanya di industri. Totalnya ada 88,3 persen. Dari jumlah itu, 73,85 persen di antaranya adalah pengelolahan tembakau. Sedangkan 6,98 persen pengelolaan non tembau,” katanya saat menghadiri Muskab ke-VI Apindo Kudus di Hotel Griptha Kudus, Selasa (17/9/2019).

Selain sektor industri, lanjutnya, sektor perdagangan menempati peringkat kedua dengan potensi sebesar 5,54 persen. Kemudian di sektor kontruksi 3,37 persen, sektor hutan dan perikanan 2,26 persen, serta di bidang lain sebesar 8,10  persen.

“Sedangkan untuk kondusifitas di Kudus ini sangat aman dan mendukung investasi. Etos kerja juga lebih baik, serta infrastruktur di Kudus juga saya rasa cukup baik,” ungkapnya.

Selain itu, ada beberapa kebijakan dari pemerintah Kabupaten Kudus untuk memberikan kemudahan perizinan. Pertama melalui kebijakan peraturan daerah nomor 3 tahun 2017 tentang penanaman modal. Kebijakan ini dirasa untuk mempermudahan regulasi perizinan.

“Kemudian kami juga tengah menyusun ranperda rencana umum penanaman modal. Kemudian perizinan secara elektronik atau OSS. Ini semua untuk memberikan kemudahan melalui infromasi terpadu secara online kepada investor,” lanjutnya.

Tak hanya itu, pembayaran retribusi juga akan dilakukan secara online. Kemudian perizinan usaha sudah melalui satu pintu yakni DPMTSP Kabupaten Kudus. “Percepatan dengan kebijakan tersebut kami rasa segala kesulitan akan terselesaikan,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.