Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Heboh! Kakek di Pati Ini Nanti Malam Akan Tapa Pendem

0 6.665

MURIANEWS.com, Pati – Mbah Supani (63) warga Desa Bendar RT 3 RW 1 Kecamatan Juwana, Pati, sontak bikin geger warga. Pasalnya pada pukul 18.00 WIB nanti, Mbah Pani berencana akan melangsungkan tapa pendem atau tapa Ngeluang.

Liang yang akan digunakan untuk tapa pendem pun sudah siap. Termasuk dengan berbagai macam ubo rampe-nya.

Mbah Pani mengatakan, ritual ini akan dilakukannya sebagai yang terakhir. Sebelumnya ia mengaku sudah melakukan hal yang sama sebanyak sembilan kali dengan durasi waktu tiga hari dikubur.

“Karena ini yang terakhir, nanti tidak lagi tiga hari, tapi lima hari,” katanya saat ditemui, Senin (16/9/2019).

Suyono, salah seorang keluarga mengatakan, tapa pendem adalah ritual yang sudah lama dilakukan oleh Mbah Pani. Caranya adalah dengan menguburkan diri di dalam tanah dan hanya dikasih lubang untuk pernapasan.

“Tapa pendem seperti ini sudah dilakukan beliau sebanyak sembilan kali. Dan hari ini adalah yang ke-10,” ungkapnya.

Mbah Pani yang berencana melakukan tapa pendem, malam nanti. Tapa ini telah dilakukannya sebanyak sembilan kali. (MURIANEWS.com/Cholis Anwar)

Dalam tapa pendem ini, lanjutnya, prosesnya adalah sama seperti jenazah yang akan dikubur. Nantinya, Mbah Pani juga akan dikafani kemudian di sediakan bunga tujuh rupa.

Untuk kedalaman liang kuburnya sendiri sedalam tiga meter. Lebarnya kurang lebih 1,5 meter. Di dalam kubur itu, sudah disediakan peti untuk tempat pertapaan. Di liang itu nanti juga terdapat gelu atau bantal dari tanah.

“Kalau prosesnya sudah selesai, nanti Mbah Pani ditinggal sendirian di dalam tanah. Kemudian petinya ditutup,” terangnya.

Baca: Sebelum Jalani Tapa Pendem Mbah Pani Puasa 40 Hari

Dirinya bersama dengan keluarga berharap agar tapa pendem yang dilakukan Mbah Pani berjalan lancar dan tidak ada suatu halangan apapun.

Kabar tentang rencana Mbah Pani akan melakukan ritual tapa pendem ini telah ramai tersiar melalui media sosial. Sejumlah grup-grup medsos di Pati juga tengah membicarakan hal ini dan menarik perhatian netizen.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.