Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tunggu Verifikasi, Bantuan Rp 4,5 Miliar untuk Wirausaha Baru di Kudus Segera Cair

0 112

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus akan segera mencairkan bantuan kepada 450 wirausaha baru. Hanya, pencairan masih menunggu hasil verifikasi yang dilakukan panitia.

Bambang Tri Wahyu, Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus mengatakan, untuk wirausaha baru di Kudus tahun ini sudah beres. Pihaknya pun sudah mencetak 500 wirausaha baru. Hanya, untuk bantuan masih menunggu pencairan dari Disnaker Perinkop UKM.

“Tahun ini sudah clear. Kemarin 50 wirausaha sudah beres. Tinggal 450 yang masih menunggu verifikasi bantuan hibah. Saat ini masih proses,” katanya.

Ia mengatakan, untuk wirausaha baru pemerintah telah menganggaran di APBD tahun 2019. Di antaranya anggaran untuk pelatihan sebesar Rp 800 juta. Sedangkan untuk bantuan sudah dianggarakan sebesar Rp 4,5 miliar.

“Nantinya di setiap kelompok wirausaha baru yang setiap kelompoknya ada lima orang akan mendapatkan uang bantuan sebesar Rp 10 juta,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, untuk tahun ini setidaknya ada 500 wirausaha baru yang sudah diberikan pelatihan. Pelatihan diberikan berjenjang dari 50 wirausaha baru hingga 450 wirausaha baru.

“Pelatihan sudah selesai semua. Mereka diberikan pelatihan tentang wirausaha baru dan menajemen wirausaha. Pelatihan di BLK,” ungkapnya.

Dia menambahkan, setelah para wirausaha baru mendapatkan bantuan bukan berarti akan dibiarkan begitu saja. Pihak Disnaker akan terus mengawasi, apakah bantuan itu diperuntuhkan seusai dengan wirausaha baru atau tidak. Apabila tidak sesuai, pihaknya akan menarik bantuan tersebut.

“Nanti ada klausul kalau misalnya tidak seusai, akan ditarik. Paling tidak mengganti ke kas daerah,” tandasnya.

Terpisah Plt Bupati Kudus HM Hartopo berpesan kepada Disnaker Perinkop dan UKM untuk selalu mengawasi wirausaha baru. Baik dalam kelompok atau perorangan. “Sehingga nantinya wirasaha baru ini tidak hanya minta modalnya. Tetapi juga karena memang minat ingin berwirausaha,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.