Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DPRD Kudus Minta Pemkab Prioritaskan Pembangunan Embung di Jati Wetan

MURIANEWS.com, Kudus – Wacana pembangunan embung yang terletak di Dukuh Gendok, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati kembali digulirkan oleh DPRD Kudus. Para wakil rakyat itu pun meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus untuk serius merealisasikan wacana tersebut.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua sementara DPRD Kudus Masan. Menurutnya, Dukuh Gendok merupakan salah satu daerah langganan banjir di bagian selatan Kabupaten Kudus. Oleh karenanya pembangunan embung dirasa lebih penting.

“Apalagi di kawasan itu nantinya tidak hanya penting sebagai penampungan air selama musim hujan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain. Seperti untuk memenuhi kebutuhan air baku PDAM,” ujarnya.

Ia mengatakan, kantong-kantong air di Kabupaten Kudus perlu ditambah. Apabila saat ini sudah ada Bendungan Logung untuk meminimalisiasi dampak banjir di wilayah timur Kabupaten Kudus.

“Maka ke depan kami harapkan ada prioritas daerah selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, ke depan ia berharap ada embung ataupun bentuk yang lain perlu diperbanyak. Terutama di wilayah Kudus bagian selatan. Hal ini untuk terpenuhinya kebutuhan air baku PDAM.

“Jika hanya mengandalkan yang saat ini sudah ada, ke depan tentu akan kewalahan karena terus meningkatnya kebutuhan air bersih masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan, wacana pembangunan embung di daerah itu pernah digaungkan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Saat itu wacana yang muncul adalah pembangunan kolam retensi untuk menampung air selama musim hujan. Wacana kolam retensi itu menurutnya bisa dikembangkan menjadi embung.

“Sehingga akan membawa manfaat lebih luas untuk masyarakat,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...