Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kapal Parkir Masih Jadi Kendala Normalisasi Sungai Juwana

MURIANEWS.com, Pati – Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ruhban Ruzziyatno menyebut, proses normalisasi Sungai Juwana masih terkendala adanya kapal yang parkir di sepanjang tempat pelelangan ikan (TPI). Padahal selama masih ada kapal di sepanjang sungai itu, maka proses pengerukan tidak bisa dilakukan.

“Yang menjadi kendala itu bangkai kapal dan kapal yang parkir mulai dari Jembatan Juwana hingga ke hilir,” katanya saat dihubungi, Jumat (13/9/2019).

Menurutnya, rencana awal proses normalisasi Sungai Juwana akan dimulai dari Jembatan Juwana ke hulu. Tetapi oleh bupati Pati, meminta agar pengerjaanya dilakukan dari jembatan hingga Pulau Seprapat.

Tentunya, lanjut Ruhban, konsekuensi permintaan pengalihan rencana itu juga harus dilakukan. Yakni berupa pengkondisian kapal yang berada di sepanjang Sungai Juwana itu.

“Dulu katanya (bupati Pati) sudah menyelesaikan masalah bangkai kapal. Begitu juga dengan masalah parkir kapal. Tapi kalau ternyata kapal yang parkir masih banyak, bagaimana kami bisa memulai,” terangnya.

Padahal, diketahui Surat Perintah Kerja (SPK) untuk normalisasi Sungai Juwana sudah turun sejak 10 Juni 2019 lalu. Anggarannya pun untuk tahap pertama tidak sedikit, yakni Rp 40 miliar.

Pihaknya juga menargetkan, untuk penanganan Seluna (Serang, Lusi, Juana) diusahakan rampung pada 2021 mendatang. Bahkan untuk desainnya juga sudah ada.

“Termasuk normalisasi Sungai Juwana juga harus sudah rampung pada tahun itu,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...