Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tunggu Pelantikan, Masan Kembali Pimpin DPRD Kudus

0 150

MURIANEWS.com, Kudus – Masan anggota DPRD Kudus dari partai PDI Perjuangan ditunjuk menjadi Ketua DPRD Kudus definitif periode 2019-2024. Hal ini berdasarkan hasil rapat paripurna DPRD Kudus pada hari, Kamis (13/9/2019) kemarin. Saat ini pimpinan DPRD Kudus definitif tinggal menunggu pelantikan.

Selain Masan yang didapuk menjadi Ketua DPRD Kudus definitif, ada tiga nama pimpinan DPRD Kudus lainnya sebagai Wakil Ketua DPRD Kudus. Mereka berasal dari parpol peraih kursi terbanyak di Pemilu 2019.

Ketiga nama tersebut adalah Ilwani dari PKB, Erna Sulistyawati dari Partai Golkar, dan Sulistyo Utomo dari Partai Gerinda.

Ketua DPRD Sementara Masan mengatakan, setelah agenda rapat paripurna, Sekertariat DPRD (Setwan) Kudus akan mengirimkan susunan pimpinan definitif tersebut melalui Bupati Kudus.

“Kemudian akan diteruskan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Setelah SK gubernur turun akan dilakukan pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Kudus oleh Ketua PN Kudus,” terangnya.

Ia mengatakan, saat ini ada banyak pekerjaan rumah yang menanti para pimpinan DPRD Kudus itu. Yakni terkait dengan pembentukan alat kelengakapan dewan (AKD). Ia pun mengaku akan langsung tancap gas setelah dilantik menjadi pimpinan DPRD Kudus definitif nanti.

“Untuk AKD mekanismenya itu masing- masing fraksi akan mengirimkan anggotanya ke komisi yang ada di DPRD Kudus. Setelah nama yang diusulkan itu muncul akan dipilih oleh para anggota untuk diusulkan menjadi pimpinan komisi. Kita akan tancap gas,” ungkapnya.

Selain menetapkan calon pimpinan definitif DPRD Kudus. Pembentukan tujuh fraksi juga diumumkan juga telah diumumkan.

Ketujuh fraksi tersebut meliputi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diketuai oleh Ali Ihsan, Fraksi Keadilan Sejahtera (PKS) diketuai Rony Agus Santosa, Fraksi Gerindra diketuai Sutriman. Di dalam Fraksi Grindra bergabung dua anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

”Berikutnya ada Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) dipimpin oleh Muhtamat, Fraksi Amanat Nasional Hanura Demokrat (FANHD) Ketuanya Sutriyono, Fraksi Golongan Karya (Golkar) diketuai Ali Muklisin, serta Fraksi PDI Perjuangan diketuai oleh Achmad Yusuf Roni,” terangnya.

Ia menambahkan, dengan dibentuknya pimpinan DPRD definitif dan pengumuman pembentukan fraksi, pihaknya berharap bisa menjalankan tiga fungsi legislatif. Yakni legislasi, pengawasan, dan penganggaran.

“Melalui memegang tiga kunci itu, kami yakin para anggota dewan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan membangun Kudus lebih baik,” pungkasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.