Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KAHMI Jepara Desak DPRD Jepara Segera Bentuk Alat Kelengkapan Dewan

0 78

MURIANEWS.com, Jepara – Majelis Daerah (MD) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia (KAHMI) mendesak agar DPRD Jepara bisa segera membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Karena hal itu merupakan langkah awal bagi tugas DPRD.

Ketua Presidium MD KAHMI Jepara, Ali Maftuh menyatakan pihaknya sempat melakukan pertemuan dan diskusi dengan tema “Jepara Pasca Pemliu 2019”. Kegiatan ini untuk membahas situasi terkini setelah Pemilu 2019 di Jepara dilaksanakan.

KAHMI Jepara melihat, belum adanya pimpinan definitif dan AKD di DPRD Jepara hingga saat ini, sangat disayangkan. Pembentukan AKD sebagai langkah awal tugas DPR dalam bekerja, seharusnya sudah dibentuk pada bulan Agustus lalu.

“Soal AKD yang hingga kini belum jelas di DPRD Jepara, jangan berlarut-larut ditunda prosesnya. Menurut kami itu bisa sangat fatal karena mengingat waktu dan agenda DPRD dalam mengawal pembangunan dan aspirasi masyarakat Jepara,” ujar Ali Maftuh, Kamis (12/9/2019).

Pihaknya berharap, jangan sampai kepentingan masyarakat menjadi korban karena adanya kepentingan partai atau bahkan kepentingan pribadi. Baik dikarenakan tidak menerima kesepakatan bersama untuk posisi di alat kelengkapan dewan, atau sebab yang lain.

KAHMI menilai, semakin lama pembentukan AKD tidak segera dilakukan, maka akan berpengaruh pada kinerja DPR dalam pembuatan kebijakan dan bersama Eksekutif. Demi masyarakat Jepara, seharusnya para anggota DPRD Jepara bisa membangun komunikasi yang baik.

“Bagaimanapun seharusnya DPRD Jepara harus bisa segera menyelesaikan tugas awalnya ini. Kami berharap persoalan yang ada di DPRD Jepara bisa teratasi dan bisa menjalankan fungsi tugasnya secara optimal,” tambah Ali Miftah.

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Jepara, Nurhidayat menyatakan, memang hingga saat ini belum bisa dilakukan pembentukan AKD. Sebab sampai saat ini pimpinan definitif DPRD Jepara belum bisa diproses, lantaran PDIP Jepara belum menyampaikan rekomendasi calonnya.

Nurhidayat enggan menjelaskan secara gamblang apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Menurutnya, semua ini memang masih dalam proses politik.

Kendatipun secara pribadi pihaknya berharap hal ini bisa segera dituntaskan, namun pihaknya mengaku tidak bisa berbuat apapun.

“Sudah sebulan dilantik, tapi nyatanya memang belum ada pimpinan definitif. Tanpa ada pimpinan definitif memang tidak bisa diproses pembentukan AKD-nya. Jadi kami masih menunggu,” ujar Nurhidayat, yang berasal dari Partai Nasdem, Kamis (12/9/2019).

Sampai saat ini, PDI P Jepara memang belum menyerahkan rekomendasi calon pimpinan DPRD Jepara. Akibatnya proses pembentukan pimpinan definitive belum bisa diproses. DPC PDI P Jepara menyebut, belum diserahkannya rekomendasi tersebut karena memang proses di internalnya belum selesai.

Namun ada isu-isu yang menyebutkan tentang hal lain. PDIP Jepara dalam hal ini dikabarkan tidak terima dengan keputusan sepihak dari parpol besar di Jepara terkait dengan pembicaraan masalah AKD. Namun informasi ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.