Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Seratus Petinggi Petahana di Jepara Coba Pertahankan Kursi

0 259

MURIANEWS.com, Jepara – Pemilihan petinggi (pilpet) serentak di Kabupaten Jepara akan akan digelar pada 17 Oktober 2019 mendatang. Sebanyak 136 desa dari 15 kecamatan akan melaksanakan Pilpet secara serentak.

Dari data yang ada di Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Jepara, sebagian besar desa sudah menetapkan calon petingginya. Dari 422 bakal calon petinggi yang telah mendaftarkan diri, sebanyak 378 calon telah ditetapkan untuk 136 desa.

Dari jumlah 136 desa yang tahun ini menggelar Pilpet serentak, di 100 desa di antaranya para petahana kembali mencalonkan diri. Jika dipersentasekan, maka jumlah petahana yang kembali mencalonkan diri mencapai 80 persen.

“Jika ada 100 petahana, maka persentasenya mencapai 80 persen. Bahkan juga ada pasangan suami-istri yang mencalonkan diri juga. Ada fenomena seperti ini. Cuman berapa jumlahnya kami belum tahu pasti,” ujar Kabag Pemdes Setda Jepara, Siswanto, Kamis (12/9/2019).

Sementara itu jumlah calon petinggi di masing-masing desa juga beragam. Sesuai aturan memang minimal dua calon. Sedangkan maksimal lima orang calon petinggi.

Ada tiga desa dengan calon terbanyak yang sudah terdata. Masing-masing Desa Nalumsari di Kecamatan Nalumsari, Desa Bangsri (Bangsri) dan Desa Bandengan (Jepara).

Baca: 378 Calon Petinggi di Jepara Siap Bersaing di Pilpet Serentak 2019

Di tiga desa tersebut, masing-masing memiliki lima calon petinggi yang siap bersaing. Sedangkan desa-desa lainnya, jumlah calon berkisar dua dan tiga orang calon. Tahun ini, hanya Kecamatan Karimunjawa yang tidak ada penyelenggaraan Pilpet.

“Kecamatan dengan partisipasi desa terbanyak pada pilpet tahun ini adalah Kecamatan Mayong dengan 15 desa. Lalu disusul Kecamatan Kedung dan Nalumsari. Masing-masing dengan 14 desa. Sementara kecamatan dengan jumlah desa penyelenggaraan paling sedikit adalah Kecamatan Jepara dengan hanya tiga desa,” jelas Siswanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.