Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Pati Gelontorkan Rp 7 Miliar untuk Pilkades Serentak

0 81

MURIANEWS.com, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menganggarkan sebanyak Rp 7 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang 3 pada Desember 2019 mendatang. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi 122 desa dari 21 kecamatan yang menghelat pesta demokrasi lokal itu.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Pati Teguh Widyatmoko mengatakan, anggaran sebesar itu dialokasikan berdasarkan pengalaman pilkades tahun 2018 lalu.

“Total anggaran yakni, Rp 7.003.215.000 dengan perincian jumlah penduduk di masing – masing desa dikalikan Rp 15.000,” katanya usai sosialisasi persiapan pilkades dan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) pilkades serentak gelombang 3, di Pendapa Kabupaten Pati (10/9/2019).

Dia menambahkan, sesuai pertimbangan oleh bupati Pati dan jajarannya, pilkades serentak akan dilangsungkan pada pertengahan Desember mendatang. Tepatnya tanggal 21 Desember 2019.

“Sudah melalui pertimbangan, Insya Allah itu tanggal yang baik,” ungkapnya.

Baca: Pilkades Serentak di Pati Bakal Diikuti 122 Desa, Digelar Hari Sabtu

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan, sosialisasi bertujuan untuk para camat para muspika dan BPD untuk mempersiapkan Pilkades jauh-jauh hari sebelumnya. Hal itu agar tidak ada langkah-langkah yang terlewati. Mengingat pemilihan tersebut harus melalui tahap yang runtut sehingga tidak merepotkan kepala desa yang terpilih.

Selain itu bupati juga mengingatkan kepada panitia yang memihak calon kepala desa akan dikeluarkan dari petugas pemilihan.

“Saya harapkan program dana yang saya anggarkan untuk pembangunan jalan dan desa harus jalan, karena saya membuat program itu bukan untuk kepala desa melainkan untuk rakyat,” tegas bupati.

Tak hanya itu bupati juga mengimbau kepada kepala desa petahana agar tidak menggunakan dana anggaran pembangunan desa untuk memberi honor kepada tim sukses.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.