Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lisus Hajar Dua Desa di Jepara, Nenek 80 Tahun Tertimpa Reruntuhan Rumah

0 724

MURIANEWS.com, Jepara – Jenis potensi bencana yang dihadapi masyarakat di Jepara mulai bervariasi. Tak hanya kemarau menerkam dan menimbulkan kekeringan di sejumlah lokasi, kini angin puting beliung atau angin lisus juga mulai menebarkan ancaman.

Di Desa Bungu, Kecamatan Mayong, Jepara, tiupan angin kencang itu telah menimbulkan kerusakan, pada Selasa (10/9/2019). Hal yang sama juga terjadi di Desa Tanjung, tepatnya di Dukuh Ngerbu wilayah Pakis Aji, Jepara.

Laporan yang masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, menyebutkan, angin kencang telah merobohkan beberapa pohon dan merusak atap rumah warga. Seorang nenek berusia 80 tahun bernama Waki juga dilaporkan menjadi korban luka.

“Ada satu warga, Mbah Waki yang terkena reruntuhan rumahnya dalam kejadian ini. Dia harus menjalani perawatan  dan menerima dua jahitan atas lukanya di kepala,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Jepara, Arwin Noor Isdianto, Selasa (10/9/2019).

Selain rumah Mbah Waki, beberapa rumah di Desa Bungu dilaporkan mengalami keruasakan. Diantaranya rumah milik Yadi, Rustam, dan Anzis. Rumah mereka mengalami kerusakan pada bagian atapnya, akibat tiupan angin yang kencang.

Sementara itu di Dukuh Ngerbu, sebanyak sembilan rumah dilaporkan mengalami kerusakan rigan. Sedangkan delapan rumah lainnya dilaporkan mengalami kerusakan parah. BPBD Jepara langsung melakukan assement di lokasi kejadian.

“Kami sudah melakukan assement kepada masyarakat. Semua kejadian juga sudah kami laporkan. Mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian seperti ini,” tambah Arwin Noor Isdianto.

Melihat situasi yang terjadi, Arwin Noor Isdiyanto meminta masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan. Saat ini, kecenderungan terjadi perubahan cuaca sudah mulai nampak. Munculnya angin kencang harus diwaspadai oleh masyarakat.

Bencana yang disebabkan oleh tiupan angin memang biasa terjadi di wilayah Jepara. Beberapa tahun lalu, ada beberapa kejadian akibat tiupan angin yang kencang.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.