Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPN Targetkan Tahun 2023 Semua Tanah di Kudus Bersertifikat

0 54

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Pertanahan Nasional (BPN) menargetkan pada tahun 2023 Kabupaten Kudus menjadi kabupaten lengkap Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Artinya seluruh bidang tanah di Kota Kretek sudah memiliki sertifikat.

“PTSL dari desa ke desa diharapkan segera selesai. Hanya, di tahun ini belum bisa dieksekusi. Maka akan dieksekusi pada tahun berikutnya. Target kami, tahun 2023 semua tanah di Kudus bersertifikat,” kata Kepala BPN Kudus Heri Sulistiyo, Senin (10/9/2019).

Ia mengatakan, di Kudus ada sebanyak 60 ribu hingga 70 ribu bidang tanah yang belum bersertifikat. Apabila setiap tahun bisa mencetak sertifikat sebanyak 35 ribu. Maka selama dua tahun ke depan, Kudus bisa dijadikan kabupaten lengkap sertifikat.

“Dalam satu tahun bisa 35 ribu bidang tanah. Maka dua tahun akan selesai. Sedangkan apabila masih ada yang kurang, akan diajudikasi pada tahun 2022. Sehingga 2023 Insya Allah Kudus menjadi kabupaten lengkap,” ujarnya.

Ditambahkan dia, ada beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah yang memiliki bidang tanah luas, pada tahun 2020 sudah bisa menjadi kabupaten lengkap. Artinya seluruh wilayahnya sudah memiliki sertifikat.

“Itu seperti Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2020 sudah menjadi kabupaten lengkap. Sehingga kita akan menyusulnya,” terangnya.

Ditambahkan dia, untuk tahun ini pihaknya optimistis bisa mencapat target PTSL. Tahun ini ditargetnya sebanyal 36 ribu bidang tanah yang sudah bersertifikat.

“Dari target yang normatif nanti diakhir ada sebanyak 36 ribu bidang tanah akan terpenuhi. Akan tetapi ada surplus 3.800 bidang tanah yang tahun 2018 K3 kita akan respon untuk disertifikat. Ini akan menjadi surplus di akhir tahun,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.