Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kasus OTT Bupati Kudus

KPK Kembali Periksa Para Pejabat Pemkab Secara Maraton

0 631

MURIANEWS.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa para pejabat di Pemkab Kudus, terkait kasus dugaan jual beli jabatan dengan tersangka Bupati Kudus nonaktif HM Tamzil. Total ada delapan pejabat Pemkab Kudus yang diperiksa secara maraton sejak Senin (9/9/2019) kemarin hingga Selasa (10/9/2019) hari ini.

Senin (9/9/2019) kemarin, ada tiga pejabat dan seorang pengusaha yang diperiksa. Yakni Plt Kepala BKPP Kabupaten Kudus Catur Widiyatno dan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Kudus Apriliana dan Asisten III Sekda Kudus Ali Rifai.

Sementara pihak pengusaha yang diperiksa KPK yakni Haryanto, pemilik PO Haryanto. Mereka diperiksa sebagai saksi untuk proses penyidikan terhadap Tamzil.

“Pemeriksaan untuk melengkapi berkas tersangka MTZ (HM Tamzil),” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan.

Sementara Selasa (10/9/2019) hari ini KPK dijadwalkan kembali memeriksa lima pejabat di Pemkab Kudus. Mereka yakni Kepala Dishubkominfo Abdul Halid, Sekretaris Dinas Perdagangan Kudus Andy Imam Santoso, dan Kepala Satpol PP Kudus Djati Solechah.

Kemudian, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kudus Djoko Susilo, serta Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kudus Harjuno Widada.

Sama seperti pada pemeriksaan hari Senin kemarin, pemeriksaan terhadap lima pejabat ini juga sebagai saksi untuk Tamzil.

“Yang bersangkutan akan diperiksa dengan kapasitas sebagai saksi untuk tersangka MTZ,” kata Febri, Selasa (10/9/2019).

Selain para pejabat di lingkungan Pemkab Kudus, kini sudah ada dua pihak swasta yang dipanggil KPK sebagai saksi. Sebelum memeriksa Haryanto, KPK juga memeriksa Direktur Radar Kudus Baehaqi.

Diberitakan sebelumnya, KPK menetapkan Tamzil sebagai tersangka atas dugaan kasus suap pengisian jabatan di Pemkab Kudus. Tamzil ditetapkan sebagai tersangka setelah ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Selain Tamzil, KPK juga menetapkan dua pejabat lain sebagai tersangka. Yakni Staf Khusus Bupati Kudus Agus Soeranto (Kroto) dan Sekdin DPPKAD Akhmad Sofyan.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Deka Hendratmanto

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.