Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

22 Ribu Sego Jangkrik Buka Luwur Sunan Kudus Dibagikan Hari Ini

0 178

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak 22 ribu bungkus sego jangkrik khas Buka Luwur Sunan Kudus mulai dibagikan, Selasa (10/9/2019). Ribuan orang yang sudah mengantre dari pagi di komplek Menara Kudus pun tertib mengikuti arahan panitia untuk mendapatkan nasi yang dianggap bertuah tersebut.

Antrean pria, ditempatkan pintu barat Menara Kudus. Sedang antrean putri, ditempatkan di sebelah timur Masjid Menara. Terpantau, antrean warga untuk mendapat nasi jangkrik bisa sampai satu kilometer. Antrean cukup tertata karena banyak petugas yang mengarahkan.

Humas Buka Luwur Menara Kudus Wildan Hakiki mengatakan, tahun ini terdapat peningkatan dari jumlah sego jangkrik yang dimasak. Tahun lalu, total sego jangkrik yang dimasak berjumlah sekitar 20 ribu. Sedang untuk tahun ini, dinaikkan menjadi 22 ribu porsi.

“Ada peningkatan dari tahun kemarin, pembagiannya mulai dari pukul 05.00 tadi,” ucapnya.

Antrean depan Menara Kudus masih mengekor hingga Selasa (10/9/2019) siang. (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

Total rewang (orang yang membantu secara sukarela) yang dilibatkan dalam pembuatan nasi jangkrik pun mencapai ratusan orang, yakni mencapai 110 orang. Mereka, telah mulai memasak sejak pukul 03.00 WIB. “110 rewang akan memasak lima kali,” lanjutnya.

Yang dimasak, adalah berupa beras sebanyak 7,28 ton, kerbau sebanyak 13 ekor, serta 83 ekor kambing. Semuanya merupakan hasil sodaqoh yang telah dibuka sejak beberapa pekan lalu. “Ada yang sodaqoh kambing, ada juga yang sodaqoh uang,” terangnya.

Sodaqoh sendiri telah ditutup setelah acara upacara Buka Luwur Makam Sunan Kudus selsai. Sedang untuk pembagian sego jangkrik,  akan dilangsungkan hingga pukul 11.00 WIB.

“Silahkan yang ingin mencicipi sego jangkrik khas Buka Luwur bisa datang ke komplek Menara untuk mengantri,” tandasnya.

Sementara Etik, warga Jeparamengaku bersyukur masih bisa mendapat Nasi Jangrik. Antrean di tahun ini juga ia rasa sudah lebih ditata dengan baik.

“Saya sudah dua kali ini,” lanjutnya.

Ia yang mengajak serta anaknya berharap mendapat berkah dari sego jangkrik khas Buka Luwue Kanjeng Sunan Kudus. Tahun depan, jika diberi kesempatan kembali, ia akan datang kembali untuk mengantre sego jangkrik.

“InsyaAllah saya datang lagi tahun depan,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan proses pembagian sego jangkrik masih berlangsung. Beberapa warga pun masih mengantre untuk mendapatkan sego tersebut.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.