Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Kedelai di Pati Berangsur Menurun, Petani Mulai Resah

0 52

MURIANEWS.com, Pati – Petani kedelai di Desa Trimulyo, Kecamatan Kayen, Pati saat ini tengah resah. Pasalnya, harga jual kedelai masih jauh dari harapan. Mutlak, para petani banyak yang merugi.

Sucipto, petani kedelai Desa Trimulyo mengatakan, pada musim panen tahun ini harga kedelai mulai menurun, yakni hanya Rp 6.200 per kilogram. Padahal, pada musim panen sebelumnya, harga jual mampu menembus di angka Rp 7.000 per kilogram.

“Ini termasuk harga rendah. Kalau sebelumnya bisa lebih dari itu (Rp 6.200). Semoga saja harganya cepat stabil,” kata Sucipto, Senin (9/9/2019).

Terkait penyebab menurunnya harga kedelai itu, dirinya mengakui belum tahu secara pasti. Namun ia menduga, pada saat musim panen, lantaran persediaan banyak, harga biasanya juga menurun.

“Kalau harga turun sudah biasa, tetapi tidak pernah separah ini. Kami sebagai petani juga membutuhkan keuntungan agar nantinya bisa memproduksi lagi,” ujarnya.

Dirinya berharap pemerintah juga memperhatikan harga bahan baku pembuatan tempa maupun tahu itu. Mengingat, produktivitas kedelai di wilayah Trimulyo saat ini sangat bagus.

“Setidaknya ada patokan harga lah dari pemerintah, agar harganya juga tidak terlalu hancur. Kalau sudah turun, yang rugi ya kami para petani ini,” pungkasnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.