Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sidang Praperadilan Bupati Tamzil Digelar Hari Ini

0 1.185

MURIANEWS.com, Jakarta – Bupati Kudus nonaktif HM Tamzil mengajukan praperadilan terhadap penetapan tersangka dirinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan jual beli jabatan. Sidang perdana praperadilan kasus ini digelar Senin (9/9/2019) hari ini.

Sidang praperadilan itu bakal digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Sidang ini akan dipimpin oleh hakim tunggal dan diagendakan dimulai pukul 10.00 WIB.

Dalam website PN Jakarta Selatan disebutkan, sidang praperadilan ini didaftarkan Tamzil pada 20 Agustus 2019 dengan nomor perkara 106/Pid.Pra/2019/PN JKT.SEL. Dalam gugatan praperadilan itu pihak yang digugat adalah pimpinan KPK.

Dalam petitum permohonan, Tamzil meminta hakim menyatakan tidak sah penetapan tersangka dirinya atas kasus suap pengisian jabatan di Pemkab Kudus.

“Menyatakan tidak sah menurut hukum tindakan termohon menetapkan pemohon sebagai tersangka terkait tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No.20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo.Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” bunyi petitum permohonan.

Selain itu, Tamzil juga meminta KPK yang melakukan penggeledahan terhadap Tamzil dan di kediamannya dianggap tidak sah menurut hukum. Serta meminta pengadilan memerintahkan kepada KPK untuk menghentikan penyidikan terhadap dirinya.

“Memerintahkan termohon untuk segera mengeluarkan pemohon dari tahanan seketika setelah putusan atas perkara ini diucapkan. Serta melakukan rehabilitasi dan mengembalikan kedudukan hukum pemohon sesuai dengan harkat dan martabat dari pemohon,” isi petitum permohonan Tamzil.

Baca: Ini Alasan Tamzil Tak Merasa Bersalah Meski 2 Kali Tertangkap Kasus Korupsi

Tamzil sendiri ditangkap KPK dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Kudus, Jumat (26/7/2019). Sehari berikutnya KPK menetapkan Tamzil sebagai tersangka bersama dua orang lain, yakni Staf Khusus Bupati Agus Soeranto (Agus Kroto) dan Sekretaris DPPKAD Kudus Akhmad Sofyan.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.