Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bertahun-tahun Diusulkan, Pembangunan Bendung Kembang Kempis Pati Tak Jelas

0 155

MURIANEWS.com, Pati – Usulan dari masyarakat agar pemerintah membangun bendungan kembang kempis di alur Sungai Silugonggo, Pati, hingga masih belum terealisasi. Padahal, usulan adanya bendungan karet tersebut sudah dilakukan sejak 2012 lalu.

Warga berharap dengan bendungan itu, nantinya air bisa menjadi solusi mengatasi banjir di musim hujan maupun kekeringan di musim kemarau.

Kepala Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus, Pati, Edi Margiyono mengatakan, usulan bendungan karet itu sudah dilakukan sejak 2012 lalu. Tetapi sampai saat ini belum ada realisasinya.

Padahal, menurutnya, jika bendungan karet itu dibangun, pihaknya yakin dampak dari kekeringan di lahan pertanian bisa dikurangi. Sebab, para petani bisa memanfaatkan air bendungan itu untuk irigasi.

“Kalau musim kemarau, petani tidak khawatir puso. Bahkan dalam satu tahun bisa panen tiga kali,” katanya, Sabtu (7/9/2019).

Menurut dia, desa-desa yang berada di bantaran Sungai Silugonggo juga sudah sepakat dengan pembangunan bendungan karet itu. Bahkan sebelumnya juga sudah dilakukan kajian terkait penempatan atau lokasi bendungan yang tepat.

“Setelah dilakukan kajian, katanya banyak masyarakat yang tidak setuju. Padahal, sebenarnya masyarakat sangat setuju,” ujarnya.

Dirinya berharap agar pemerintah tidak hanya sekadar membuat kajian, tetapi juga merealisasikan kebijakan itu. Karena bendungan kembang kempis atau bendungan karet sangat bermanfaat bagi warga, termasuk juga untuk irigasi.

“Kami harap pemerintah daerah segera merealisasikan bendungan karet ini. Agar warga yang berada di bantaran Sungai Silugonggo tidak khawatir saat musim kemarau maupun musim hujan,” pungkasnya.

Beberapa waktu lalu, Bupati Pati Haryanto menyebut, jika pembangunan bendung kembang kempis di Sungai Silugonggo sangat penting. Oleh karenanya, pihaknya terus mengusulkan pembangunan bendungan ini ke pemerintah pusat, karena dana APBD tak memungkinan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.