Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nekat Tebang Pohon di Siang Bolong, Maling Kayu di Grobogan Diringkus Petugas Gabungan

0 517

MURIANEWS.com, Grobogan – Petugas gabungan dari Perhutani KPH Gundih dan Polsek Toroh yang sedang melakukan patroli berhasil memergoki tiga orang yang sedang menebang beberapa pohon jati di kawasan hutan menggunakan gergaji, sekitar pukul 12.30 WIB. Lokasi penebangan berada di petak 98 b, RPH Ngroto, KPH Gundih yang masuk wilayah Dusun Pondok, Desa Plosoharjo, Kecamatan Toroh.

Dari tiga orang ini, satu di antaranya bisa diamankan dan dua lainnya berhasil melarikan diri saat disergap petugas. Pencuri kayu yang diamankan adalah Tarmuji (39), warga Kecamatan Toroh.

Kapolsek Toroh AKP Sucipto mengungkapkan, selain satu tersangka, pihaknya juga mengamankan barang bukti yang ada di lokasi. Antara lain, lima batang kayu jati berdiameter 13-16 centimeter dengan panjang 190-330 centimeter. Kemudian, ada dua unit sepeda motor matic milik tersangka yang ikut diamankan.

“Tersangka dan barang bukti sudah kita amankan guna pemeriksaan lebih lanjut. Untuk dua orang yang melarikan diri sudah kita ketahui identitasnya,” jelasnya, Jumat (6/9/2019).

Akibat aksi penebangan tersebut, pihak Perum Perhutani KPH Gundih mengalami kerugian materi sekitar Rp 2,2 juta. Tersangka selanjutnya akan dijerat dengan pasal 82 ayat (1) dan ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia No 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.