Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Anjlok, Pembudidaya Lele di Pati Meradang

0 430

MURIANEWS.com, Pati – Anjloknya harga jual ikan lele konsumsi di pasaran, membuat para pembudidaya meradang. Pasalnya, hasil penjualan dengan harga Rp 15.500 per kilogram, tak bisa menutup ongkos produksi.

Praktis, para petani tambak lele pun terpaksa harus mengurungkan niatnya untuk panen. Meskipun ada juga sebagian petani yang terpaksa panen dengan harga jual rendah.

Usa Hidayat, salah seorang pembudidaya lele di Desa Muatokoharjo, Kecamatan Pati mengatakan, harga Rp 15.500 per kilogram itu termasuk harga terendah tahun ini. Mengingat, pada tahun sebelumnya, harga bisa mencapai Rp 19.000 per kilogramnya.

“Ini sudah harga yang paling rendah. Sebelumnya, paling rendah harganya Rp 17.000 per kilogram. Tapi kalau Rp 15.000, itu petani malah rugi,” katanya, Jumat (6/9/2019).

Dirinya menambahkan, harga ikan lele mamang cenderung naik turun. Namun, setidaknya kalaupun turun tidak sampai pada harga terendah.

Dia menuding, turunnya harga lele tersebut lantaran di pasaran sulit untuk mendapatkan pembeli. Sementara stok lele di petani masih sangat melimpah.

“Konsumen terbesar biasanya dari pekerja yang memanen padi. Tapi setelah adanya mesin pemotong padi, jarang lagi ada pekerja, sehingga permintaan juga menurun,” ungkapnya.

Selain itu, pakan ikan lele saat ini juga tergolong tinggi. Satu karung ukuran 30 kg, bisa mencapai harga Rp 335 ribu. Padahal, dalam sehari, satu petak tambak ikan lele bisa menghabiskan pakan 30 kg lebih.

Dirinya berharap agar harga jual ikan lele ini kembali stabil. Setidaknya dengan harga Rp 17.000 per kilogram, petani sudah bisa merasakan keuntungannya.

“Kalau harganya masih di bawah itu (Rp 17.000), petani tidak dapat keuntungan. Paling-paling hanya bisa menutup ongkos produksi,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.