Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pengadaan Blangko KIA di Disdukcapil Kudus Belum Bisa Penuhi Kebutuhan

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus masih belum bisa memenuhi kebutuhan pembuatan kartu identitas anak (KIA). Hal ini dikarenakan tingginya permintaan pemohon untuk pembuatan KIA.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kudus Putut Winarno mengatakan, sampai dengan kini pihaknya belum bisa untuk memenuhi kebutuhan pembuatan KIA. Apalagi, stok blangko KIA di Kudus masih kosong.

“Padahal permohonan untuk pembuatan KIA terbilang tinggi. Kami pun masih menunggu pengadaan blangko KIA,” katanya.

Ia mengatakan, untuk pengadaan blangko saat ini jumlahnya belum sesuai kebutuhan yang ada. Pasalnya pengadaan blangko yang diusulkan ada sebanyak 50 ribu keping. Sedangkan permohonan KIA untuk usia lebih dari 5 tahun mencapai 127 ribu anak.

“Sehingga untuk pemenuhan ini membutuhkan anggaran tahun berikutnya,” bebernya.

Saat ini untuk pembuatan KIA baru dilayani setelah bulan Oktober 2019 mendatang. Hal itu pun setelah pengadaan 50.000 blangko tersebut terealisasi. Sehingga untuk pencetakan KIA dilakukan secara bertahap.

“Pencetakannya dilakukan bertahap sehingga masyarakat yang menginginkan anaknya memiliki KIA agar bersabar,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta pemahaman kepada masyarakat bika Disdukcapil Kudus belum mencetak KIA secara serentak. Karena keterbatasan ketersediaan blangko dan juga kemampuan alat cetak.

“Kami tetap berupaya melayani setiap permohonan KIA, namun masyarakat harus bersabar menunggu giliran menyusul kemampuan alat cetak dan ketersediaan blangko yang terbatas,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...