Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bengawan Solo Diduga Tercemar Ciu, PDAM Hentikan Sementara Produksi Air Minum

0 144

MURIANEWS.com, Solo – Air sungai Bengawan Solo di Surakarta diduga tengah tercemar minuman beralkohol jenis ciu. Akibatnya PDAM Toya Wening Surakarta, menghentikan sementara produksi air minum di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi yang mengambil air baku dari Bengawan Solo.

“Petugas minta izin tidak operasi karena ada kendala air berbau alkohol seperti ciu,” kata Direktur Teknik PDAM Kota Surakarta Tri Atmojo Sukomulyo, dikutip dari AntaraJateng, Jumat (6/8/2019).

Ia mengatakan setelah dilakukan pengecekan ternyata betul bahwa air berbau alkohol. Dengan demikian, pihaknya memutuskan untuk menghentikan operasi.

Ia mengatakan setelah dilakukan penelitian, dikatakannya, pencemaran terjadi di Kali Samin, Kadokan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo yang berbatasan langsung dengan Sungai Bengawan Solo.

“Saat kami bandingkan, kondisi air Bengawan Solo sebelum bertemu dengan air dari Kali Samin bening, selanjutnya di titik pertemuan agak keruh dan air dari Kali Samin keruh,” ujarnya.

Terkait hal itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta, dan Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, sebagai solusinya, pihaknya mengalirkan sumber air dari Cokro Tulung untuk melayani pelanggan di Semanggi.

Meski demikian, dikatakannya, tidak semua pelanggan memperoleh air bersih karena aliran dari Cokro tidak terlalu deras, sehingga tidak mampu menjangkau seluruh Semanggi. “Salah satunya bagian tanggul ke timur itu tidak dapat,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga tengah menyiapkan armada untuk melakukan pengiriman tangki air bersih untuk pelanggan di Semanggi.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Antara

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.