Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Minim Kursi , PAN, Hanura, dan Demokrat Kudus Koalisi Jadi Satu Fraksi

MURIANEWS.com, Kudus – Tiga partai politik yakni PAN, Hanura, dan Demokrat menjalin koalisi untuk membentuk fraksi di DPRD Kabupaten Kudus. Hal itu dilakukan lantaran, ketiganya tak memenuhi batas minimum pembentukan fraksi secara mandiri.

Ketua Fraksi Amanat Nasional, Hanura, dan Demokrat (FANHD) Sutriyono mengatakan, sesuai dengan keputusan, batas minimum kursi untuk membentuk fraksi mandiri adalah empat kursi. Sementara Hanura hanya meraih dua kursi, Demokrat dua kursi, dan PAN tiga kursi.

”Karena tak bisa mandiri, kami bergabung jadi satu dengan nama FANHD. Sehingga ada tujuh anggota,” katanya saat ditemui di ruang fraksi DPRD Kudus, Jumat (6/9/2019).

Ia mengatakan, untuk FANHD itu diketuai oleh Sutriyono, wakil ketua Mardijanto, sekretaris Endang Kursistiyanto. Sedangkan masing-masing anggota yakni Sa’diyanto, Rochim Sutopo, Budiyono, dan Andrian Fernando.

”Kemarin kami juga sudah menyampaikan pembentukan fraksi ini kepada Sekwan,” katanya.

Oleh karenanya, ia berharap atas pembentukan fraksi ini dapat memberikan warna di DPRD Kudus. Apalagi, dapat memperjuangan aspirsi yang telah masing-masing anggota fraksi pada saat kampanye pemiu 2019.

”DPRD jangan sampai ada yang mengingkari janji-janji. Ini kita bersama-sama untuk mensejahterakan dan memperjuangkan aspirasi mayarakat,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, koalisi Hanura-Demokrat para periode sebelum sudah menjadi satu fraksi. Tepatnya pada periode 2014-2019. Serta pada periode ini, 2019-2024 kembali melakukan koalisi dengan mendapatkan penambahan satu parpol PAN.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...