Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pawai Seribu Obor, Tradisi Mengusir Roh Jahat di Desa Gunungsari Pati

0 151

MURIANEWS.com, Pati – Tradisi Lamporan salah satu ritual mengusir roh jahat pengganggu ternak, kembali digelar di Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati, Kamis (5/9/2019) malam. Seribu obor lengkap dengan pakaian adat, dikirab keliling desa dengan kepercayaan agar warga terhindar dari marabahaya.

Kepala Desa Gunungsari Sudadi mengatakan, ritual mengusir roh jahat ini sekaligus sebagai usaha tolak bala. Menurutnya, ritual ini memang sudah berjalan turun-temurun.

“Acara memang kami tepatkan pada malam Jumat Wage. Di mana menurut para sesepuh, di malam hari Jumat Wage itu keramat dan waktu yang tepat untuk mengusir roh jahat,” katanya.

Tak ada catatan resmi mengenai awal mula ritual ini dijalankan. Namun, berdasarkan penuturan dari berbagai sumber, ritual ini sudah ada berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Dahulu, ritual ini dilakukan karena Desa Gunungsari sering diganggu roh jahat yang menyasar berbagai ternak milik warga. Namun, setelah tahun-tahun berlalu, tradisi ini tidak hanya sebagai sebuah ruwatan saja. Bahkan, sekarang ini sudah menjadi sebuah tradisi yang menghibur.

“Makanya, dalam perjalannya, sudah ada berbagai macam kesenian daerah yang juga ikut ditampilkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, selain sebuah ritual tahunan, para pemuda desa setempat juga diajak untuk menjaga kerifan lokal tersebut. Sehingga Lamporan dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Yang terpenting adalah kekompakan antarwarga tetap terjaga dan kegiatan gotong royong senantiasa terjalin dengan baik,” pungkasnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.