Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tunggakan BPJS Kesehatan di RSUD Jepara Capai Rp 18 Miliar

0 120

MURIANEWS.com, Jepara – RSUD Kartini Jepara sampai saat ini masih terus menunggu mendapatkan pembayaran klaim asuransi kesehatan dari BPJS Kesehatan. Jumlah klaim yang sudah diajukan nilainya mencapai Rp 18 miliar lebih.

Pelaksana harian (Plh) Direktur RSUD Kartini Jepara Bambang Dwipo Suwignyo menyebutkan, ada sekitar 60 hari pelayanan yang telah diajukan klaimnya ke BPJS. Namun hingga saat ini, BPJS belum memberikan pembayaran.

RSUD Kartini Jepara sendiri saat ini hanya menyisakan dana untuk operasional kegiatan BPJS yang bisa mencukupi untuk dua pekan ke depan. Jika terpaksa, karena klaim tetap belum terbayarkan, maka RSUD Kartini Jepara harus siap-siap mencari pinjaman.

“Kita belum dibayar BPJS sampai saat ini . Total klaim yang sudah kami ajukan dari pelayanan bulan Juni dan Juli 2019, lalu ada klaim yang dipending pada bulan Maret, April dan Mei 2019, maka nilainya mencapai Rp 18 miliar lebih,” ujar Bambang Dwipo Suwignyo, Kamis (5/9/2019).

Selama ini, RSUD Kartini Jepara belum pernah melakukan pinjaman ke bank untuk menutup kebutuhan layanan BPJS. Pihak BPJS sendiri diakui memang memberikan kompensasi keterlambatan pencairan klaim. Namun besarannya hanya 1 persen.

Karena itu jika mengambil pinjaman dari bank, jika dihitung-hitung malah rugi. Sebab bunga pinjaman dari bank, biasanya lebih tinggi dari nilai kompensasi kerterlambatan yang diberikan.

“Sedapat mungkin memang diharapkan tidak usah sampai meminjam bank,” terangnya.

Namun melihat situasinya, bisa saja RSUD Kartini Jepara harus bersiap melakukan pinjaman, untuk menutup biaya operasional program BPJS tersebut. Bahkan sudah ada beberapa lembaga perbankan yang sudah dijajagi untuk keperluan peminjaman itu.

“Kalau dalam dua pekan ke depan tetap tidak ada pencairan klaim yang kami ajukan, maka kami harus mencari dana segar untuk pembiayaan operasional dari luar. Repot kan. Padahal sampai akhir bulan ini tunggakan klaim itu bisa membengkak menjadi sekitar Rp 27 miliar lebih,” tambah Bambang Dwipo.

Sejauh ini, RSUD Kartini Jepara masih terus memberkan pelayanan kesehatan untuk pasien pemegang BPJS.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.