Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

UKM di Pati Didorong Cari Modal dari BUMN PMN

MURIANEWS.com, Pati – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati mendorong para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di daerah ini agar bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal itu agar pelaku usaha tidak khawatir terkait akses permodalan.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Pati Sugiyono mengatakan, terkait permodalan para pelaku UKM bisa bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang merupakan BUMN. Dengan begitu, para pengusaha yang sedang memulai bisnisnya akan lebih cepat berkembang.

“Di Pati ini ada banyak bisnis skala kecil yang tidak bisa tumbuh karena kendala permodalan. Melalui program kemitraan yang akan kami bangun bersama ini, para pengusaha yang bergabung bisa mengakses permodalan antara Rp 50 – 70 juta,” ungkapnya, Kamis (5/9/2019).

Lebih lanjut, pihaknya akan membentuk sejumlah kelompok yang terdiri dari sepuluh pengusaha. Rencananya kelompok yang dibentuk tersebar di masing-masing kecamatan.

“Perkelompoknya, masing-masing satu di setiap kecamatannya. Selain itu para pelaku usaha juga akan kami gembleng bagaimana untuk meningkatkan usahanya,” ujarnya.

Pada tahap awal, di bulan September 2019 ini, tercatat sudah terbentuk sebanyak tiga kelompok. Rinciannya, satu di Margoyoso dan dua kelompok sisanya berada di Kecamatan Winong.

”Rencananya kami akan memulai program ini di Winong dan Margoyoso. Di sana bentuknya usaha di bidang peternakan, seperti peternakan sapi,” ungkapnya.

Tujuan kerja sama dengan BUMN itu adalah untuk mengimbangi iklim investasi di Pati.

“Jadi tidak hanya pengusaha besar. Tetapi pengusaha masyarakat Pati sendiri juga harus terfasilitasi juga,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...