Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Pati Bakal Bentuk Kampung Pengawasan Partisipatif

0 59

MURIANEWS.com, Pati – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati bakal membentuk kampung pengawasan inspiratif. Ini dilakukan untuk meningkatkan pengawasan pada saat pemilihan umum mendatang.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, pembentukan kampung pengawasan partisipatif itu agar masyarakat juga andil mengawasi jalannya pemilu maupun pilkada. Dengan begitu, masyarakat juga bisa langsung mengontrol.

“Pembentukan kampung pengawasan ini memang membutuhkan waktu lama. Sebab, nantinya ada beberapa desa yang dipilih terlebih dahulu,” katanya, Rabu (4/9/2019).

Ketika desa yang dipilih sudah ada, selanjutnya warga diberikan pelatihan maupun pembekalan terkait pengawasan. Sehingga, kesadaran untuk menjadi pengawas partisipatif itu muncul secara sendirinya.

“Kalau kepedulian terhadap pengawasan pemilu itu sudah tertanam dalam diri, maka masyarakat akan lebih aktif dalam memberikan pengawasan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, pascapemilu tahun ini, memang Bawaslu tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan kepemiluan. Sebab, tahun depan tidak ada pilkada di Pati.

Karena itu, pada masa tersebut pihaknya mengaku akan fokus pada pembentukan kampung pengawasan. Sehingga, nantinya pada saat pelaksanaan pemilu serentak, masyarakat siap untuk melakukan pengawasan partisipatif.

“Kami minta dukungan dari masyarakat agar pembentukan kampung pengawasan itu nantinya bisa berjalan maksimal,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.