Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar Minta DPRD Jateng yang Baru Laporkan Harta Kekayaan

0 46

MURIANEWS.com, Semarang Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah periode 2019-2024, Selasa (3/9/2019) hari ini resmi dilantik. Pelantikan dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen.

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo mendorong anggota DPRD Jateng yang baru dilantik untuk segera melaporkan harta kekayaan (LHKPN) ke KPK. Hal ini menurut dia, sebagai salah satu upaya untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Pihaknya juga menginginkan angar DPRD Jateng menjadi lembaga legislatif pertama di Indonesia, yang 100 persen anggotanya melaporkan LHKPN.

“Saya harap DPRD Jateng yang pertama bisa melaporkan LHKPN 100 persen. Kalau bisa bulan depan dilakukan, lebih cepat kan lebih baik,” katanya.

Kalau ini bisa terlaksana meurut dia, DPRD Jateng tak hanya menjadi contoh nasional, tapi juga membuktikan bahwa pemberantasan korupsi di Jawa Tengah benar-benar dilakukan serius.

Selain itu, Ganjar juga mendorong agar semua anggota DPRD Jateng mengoptimalkan penggunaan media sosial. Ini dinilainya penting, agar apa yang dilakukan dapat diketahui publik dan pelayanan kepada publik semakin optimal.

“Saya sangat mendukung upaya mewujudkan parlemen modern. Karena disukai atau tidak, zaman kini telah berubah dan semua menunutut perubahan untuk mendisrupsi dirinya atau lembaga,” kata Ganjar.

Menurut dia, sudah tidak zamannya lagi pengaduan atau usulan masyarakat disampaikan dengan cara konvensional. Pemanfaatan teknologi seperti pembuatan website khusus tentang DPRD dibutuhkan, agar masyarakat lebih mudah untuk ikut mengawasi dan memberikan masukan.

“Kalau boleh saya usul, Sekretaris DPRD Jateng membuat website khusus. Di dalamnya bisa ditampilkan daftar anggota DPRD dan dilengkapi dengan laporan kinerja, agar masyarakat bisa mudah terlibat,” usulnya.

Baca: Anggota DPRD Jateng Dilantik, Bambang Kribo dan Sukirman Jadi Pimpinan Sementara

Selain itu, masing-masing anggota DPRD Jateng juga bisa membuat akun media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

“Dengan kanal-kanal itu, masyarakat dapat mudah berkomunikasi langsung menyampaikan masukan, saran dan harapan terhadap program-program perencanaan pembangunan di Jawa Tengah,” tegasnya.

Usai pelantikan, juga ditunjuk dewan wakil dari PDI Perjuangan Bambang Kusriyanto dan wakil dari PKB Sukirman menjadi pimpinan sementara DPRD Jateng.

Mereka akan memimpin para anggota dewan untuk melakukan rapat-rapat mulai dari pembentukan fraksi, komisi, badan-badan dan penetapan pimpinan DPRD definitif.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.