Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Jepara Divonis Tiga Tahun, Hak Politik Juga Dicabut

0 624

MURIANEWS.com, Semarang – Bupati Jepara (nonaktif) Ahmad Marzuqi divonis hukuman tiga tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, atas kasus suap terhadap Hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Lasito. Selain hukuman penjara, Marzuqi juga dicabut hak politiknya selama tiga tahun.

Putusan itu dibacakan Hakim Ketua Aloysius Priharnoto Bayuaji, Selasa (3/9/2019). Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa KPK yang menuntut empat tahun penjara.

Selain itu, hakim juga menjatuhkan denda sebesar Rp 400 juta, dan jika tak dibayar diganti penjara selama tiga bulan.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara 3 tahun dan denda Rp 400 juta,” kata hakim.

Marzuqi dianggap telah terbuki bersalah melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Marzuqi juga dinilai terbukti memberikan Rp 500 juta dan 16 ribu dolar AS kepada Hakim Lasito yang mengadili perkara praperadilan yang diajukannya terhadap kasus penetapan tersangka kasus bantuan keuangan untuk PPP Jepara.

Dalam putusannya, hakim juga menjatuhkan hukuman tambahan, berupa pencabutan hak politik selama tiga tahun. Dengan hukuman tambahan ini, Marzuqi tidak dibisa dipilih dalam jabatan publik selama tiga tahun setelah menjalani hukuman penjara.

“Menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik dalam 3 tahun setelah selesai menjalani pidana pokoknya,” ujar Hakim Alysius.

Baca: Hakim Lasito Divonis 4 Tahun dalam Kasus Suap Bupati Jepara

Menanggapi putusan hakim ini, baik Marzuqi maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan pikir-pikir.

Sebelumnya dalam sidang di hari yang sama, Hakim Pengadilan Tipikor Semarang menjatuhkan hukuman empat tahun penjara dan denda Rp 400 juta kepada Lasito.

Hakim juga menolak permintaan Lasito untuk menjadi justice collaborator, karena hakim menilai Lasito adalah pelaku utama.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.