Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anggota DPRD Jateng Dilantik, Bambang Kribo dan Sukirman Jadi Pimpinan Sementara

0 458

MURIANEWS.com, Semarang – Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah periode 2019-2024, Selasa (3/9/2019) hari ini resmi dilantik. Proses pelantikan dilakukan di ruang rapat paripurna Gedung Berlian DPRD Jateng.

Pengambilan sumpah dilakukan secara langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Sri Sutatiek, dengan didampingi masing-masing pemuka agama. Hampir seribuan tamu undangan yang hadir mengikuti prosesi pelantikan tersebut.

Dengan pelantikan ini, maka keanggotaan DPRD Jateng periode 2014-2019 dinyatakan berakhir. Hal ini sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Masa Jabatan 2014-2019 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Masa Jabatan 2019-2024 yang diterbitkan Kemendagri.

Dari 120 kursi di DPRD Jawa Tengah, PDI Perjuangan menguasai dengan perolehan 42 kursi. Kemudian, PKB 20 kursi, Gerindra 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP 9 kursi, PAN 6 kursi, Demokrat 5 kursi, dan Nasdem 3 kursi.

Sekretaris DPRD Jawa Tengah Urip Sihabudin mengatakan, jumlah anggota DPRD Jateng mengalami peningkatan dari periode sebelumnya, yang hanya 100 orang.

Dalam prosesi ini menurutnya, juga ada hal yang berbeda, yakni adanya sambutan dari pimpinan sementara dan gubernur Jateng.

”Dulu tidak ada. Sambutan gubernur dulu membacakan sambutan Mendagari. Sekarang gubernur tidak lagi membacakan sambutan Mendagri,” katanya.

Menurutnya, pimpinan sementara DPRD Jateng juga telah ada. Yakni utusan dari dua parpol peraih kursi terbanyak yakni PDI Perjuangan dan PKB.

PDI Perjuangan telah menunjuk Bambang Kusriyanto atau Bambang Kribo, sementara PKB mengirim Sukirman. Pada periode sebelumnya, Sukirman juga telah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng.

Urip mengatakan, dalam pelantikan hari ini pihaknya mengundang 995 tamu. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai dari forkompinda, bupati/wali kota, ketua DPRD kabupaten/kota, pimpinan parpol, dan BEM serta ormas.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.