Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Rangkaian Acara Buka Luwur Kanjeng Sunan Muria

MURIANEWS.com, Kudus – Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria akan menggelar upacara buka luwur dan haul Sayyid Raden Umar Sa’id Kanjeng Sunan Muria ke-395 pada 15 Muharram 1441 H yang bertepatan pada tanggal 15 September 2019 mendatang. Serangkaian acara pun telah dimulai sejak pada awal tahun 1 Muharram 1441 (1/9/2019) kemarin.

Muhammad Afandi Petugas Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria mengatakan, rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan manaqib dan pembacaan doa awal tahun. Setelah itu, malam Selasa Pon atau tanggal 10 Muharram 1441 (10/9/2019) ada acara istigosah asyuro dan santunan anak yatim piatu. Kemudian secara berurutan pada tanggal 12 dan 14 Muharram ada acara khotmil quran.

“12 Muharram khotmil quran bil ghoib putri dan 14 Muharram khotmil quran bil ghoib putra. Khotmil quran digelar masjid Makam Sunan Muria mulai pukul 07.00 WIB pagi,” katanya, Selasa (3/9/2019).

Selanjutnya, pada Sabtu (14/9/2019) malam dilanjutkan dengan pengajian umum. Rencananya pengajian akan dihadiri Habib Umar Bin Ahmad Al-Muthohar dari Semarang dan Habib Muhammad Bin Husein Bin Anis Al-Habsyi dari Solo.

“Pengajian itu akan digelar di Masjid Sunan Muria mulai pukul 19.00 WIB,” lanjutnya.

Serta puncaknya, pada 15 Muharram ada acara upacara Salin  Luwur Sunan Muria dan Haul. Acara itu akan dimulai pukul 07.00 WIB di Makam Sunan Muria.

“Pada malam 15 Muharam atau selesai pengajian umum ini nanti ada pembagian nasi berkat berupa nasi dibungkus dengan daun jati dan lauk daging kerbau. Jumlanya ada 5 ribu nasi,” bebernya.

Ditambahkan dia, pada upacara puncak salin luwur Kanjeng Sunan Muria itu rencananya akan dihadiri Bupati Kudus dan forkompinda Kabupaten Kudus. Selain itu juga para kiai se-Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...