Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wabup Blora Gagas Pendirian Tugu Barongan di Batas Wilayah Kabupaten, Ini Tujuannya

0 39

MURIANEWS.com, BloraGagasan pembangunan tugu barongan di batas wilayah kabupaten dilontarkan Wakil Bupati Arief Rohman. Gagasan itu sempat disampaikan Arief saat menghadiri pagelaran seni barongan dalam rangka pentas kemerdekaan di Omah Barong “Risang Guntur Seto” (RGS) Kunden, Sabtu malam (31/8/2019) lalu.

“Selain terus nguri-uri budaya, kita ingin agar barongan Blora bisa semakin kuat sebagai seni budaya khas daerah. Akan kita sampaikan ke Bapak Bupati usulan pembangunan Tugu Barongan Blora di perbatasan kabupaten. Yakni, batas masuk Blora dari arah Rembang, tepatnya di utara Desa Ngampel,” ungkap Arief.

Menurutnya, keberadaan tugu ini nantinya akan semakin mempertegas identitas Kabupaten Blora sebagai pusat seni budaya. Khususnya kesenian barongan yang jumlahnya ada ribuan dan tersebar di masing-masing desa.

“Kita ingin sebutan Blora Kota Barongan tidak hanya sekedar kata, namun ada monumennya. Jadi ketika orang mendengar kata barongan, maka seketika itu ingat Blora. Seperti reog yang identik dengan Ponorogo,” cetusnya.

Pihaknya juga akan merencanakan event festival barongan Blora yang bisa dilaksanakan rutin setiap tahun sebagai bentuk pelestarian dan kompetisi antar seniman guna berlomba menyajikan sajian seni budaya yang lebih baik lagi. Dengan adanya festival diharapkan bisa menarik wisatawan untuk datang ke Blora.

Arief juga meminta agar data seniman barongan Blora diperbarui bersama dengan Dinas Porabudpar. Nantinya, perlu dibentuk paguyuban seniman se-Kabupaten Blora agar bisa saling tukar pikiran untuk memajukan Barongan Blora.

Usai menyampaikan gagasan tersebut, Wakil Bupati lanjut duduk bersama masyarakat, menyaksikan pentas barongan yang malam itu juga dihadiri para seniman dari Jepon, Todanan, Tunjungan, Ngawen, Banjarejo dll. Ia juga membagikan stiker branding “Dolan Blora” kepada para seniman.

Sementara itu, salah satu seniman Barongan Blora Adi Wibowo yang akrab disapa Didik RGS menyambut baik gagasan pembangunan tugu barongan yang disampaikan wakil bupati tersebut. Dirinya mendukung penuh gagasan tersebut dan bersedia diajak rembugan untuk membuat gambar desainnya.

“Luar biasa gagasan Pak Wakil Bupati ini. Sebenarnya kami para seniman barongan sudah lama merindukan adanya monumen atau tugu Barongan Blora. Kami bersama teman-teman seniman se-Kabupaten Blora pasti akan mendukung,” ujarnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.