Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pawai Mobil Hias Awali Perayaan HUT Kota Kretek

MURIANEWS.com, Kudus – Puluhan mobil hias dari berbagai elemen seperti Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), pelajar, pengusaha, serta komunitas di Kabupaten Kudus, semarakkan jalan raya di seputaran Kota Kretek. Tepatnya dari Jalan dr Ramelan menuju Gor Wergu, Minggu (1/9/2019) siang.

Kegiatan iring-iringan, atau yang dikenal sebagai kirab mobil hias sendiri ditujukan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Kudus yang ke-470, yang jatuh pada Senin (23/9/2019) 2019 mendatang.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata(Disbudpar) Kabupaten Kudus, Wahyu Haryanti mengatakan ada tiga kategori dalam kegiatan ini. Yakni mobil hias, mobil komunitas dan mobil modifikasi. Untuk OPD, total mobil yang mengikuti sendiri berjumlah 48 unit.

“Sedang puluhan lainya berasal dari swasta, pelajar, ataupun komunitas-komunitas,” ungkapnya.

Tema kepariwisataan juga diusung dalam kirab kali ini. Dengan harapan, sektor pariwisata di Kota Kretek bisa didongkrak. “Ini merupakan pembuka dari serangkaian acara untuk menyambut HUT,” lanjutnya.

Sedang puncak peringatan HUT Kudus, akan ditutup dengan even Mlaku Bareng HUT Kudus pada Minggu (29/9/2019) mendatang. “’Hari Jadi Kudus akan jadi momen pendorong dikap tawadu dan khidmat dalam keberkahan,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus H.M Hartopo mengatakan, pawai mobil hias sebenarnya ditujukan untuk memamerkan potensi Kabupaten Kudus dalam hal seni dan kreativitas.

Seni dan kreativitas yang tumbuh dan dikembangkan diharapkan bisa diterapkan pada sektor kepariwisataan. Kreativitas juga diharapkan bisa masuk pada ranah usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

“Sehingga bisa berkembang memajukan Kudus karena kreasi-kreasinya,” lanjut Hartopo.

Hartopo berharap, momen Hari Jadi Kudus bisa dimaknai sebagai sarana untuk hijrah menjadi sesuatu yang lebih baik lagi. Hal tersebut berlaku untuk semua lapisan dan elemen di masyarakat.

“Baik PNS atau masyarakat, mari menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...