Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dugaan Korupsi Banprov Pendidikan Rugikan Negara Rp 7,5 Miliar

0 257

MURIANEWS.com, Semarang – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng tengah menyidik dugaan korupsi bantuan keuangan dari Provinsi Jateng bidang pendidikan untuk Kabupaten Kendal dan Pekalongan. Dari hasil penyelidikan, diketahui kerugian ditaksir mencapai Rp 7,5 miliar.

Asisten Pidana Khusus Kejati Jawa Tengah Ketut Sumedana mengatakan, hitungan besaran kerugian negara korupsi bantuan provinsi di bidang pendidikan itu masing-masing Rp 3,1 miliar untuk Pekalongan dan Rp 4,4 miliar untuk Kendal.

“Penyimpangan itu terjadi pada pengadaan laptop oleh Dinas Pendidikan setempat,” katanya dikutip dari AntaraJateng, Sabtu (31/8/2019).

Menurut dia, sudah ada sekitar 30 saksi fakta dan dua ahli yang sudah dimintai keterangan dalam perkara itu.

Para saksi yang sudah dimintai, kata dia, di antaranya pejabat di Dinas Pendidikan kedua kabupaten serta pejabat di Badan Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, kata dia, akan dipanggil para kepala sekolah penerima bantuan laptop yang bersumber dari dana provinsi itu.

Adapun penyimpangan yang terjadi dalam perkara ini, kata dia, pengadaan laptop untuk sekolah-sekolah di dua kabupaten tersebut tidak memenuhi spesifikasi yang ditentukan. “Ini sudah naik ke penyidikan. Mudah-mudahan pekan depan sudah ada tersangkanya,” terangnya.

Dalam penyaluran dana bantuan keuangan provinsi di bidang pendidikan ini sendiri, Kabupaten Pekalongan memperoleh Rp 12 miliar dan Kendal Rp 10,5 miliar.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Antara

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.