Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polres Grobogan Gandeng PKS Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kalangan Pelajar

0 39

MURIANEWS.com,  GroboganKeberadaan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dirasa masih cukup efektif untuk membantu mengurangi angka kecelakaan. Mereka bahkan bisa menjadi pelopor untuk menekan kecelakaan yang melibatkan pelajar atau remaja dengan usia produktif.

”Sebelum menjadi anggota PKS, para pelajar ini terlebih dahulu mendapat serangkaian pendidikan masalah lalu lintas serta beberapa materi pelatihan lainnya. Dengan memahami berbagai aturan berkendara ini secara tidak langsung bisa mengurangi terjadinya kecelakaan,” kata Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq, Jumat (30/8/2019).

Menurutnya, dalam pembinaan terhadap PKS, materi yang diberikan berupa berbagai permasalah di bidang lalu lintas. Misalnya, pengenalan aturan lalu lintas, cara mengatur arus lalu lintas bagaimana mengedepankan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Selain itu, pemahaman masalah rambu dan marka jalan juga diberikan pada anggota PKS.

Dikatakan para pelajar sejauh ini memang memiliki risiko tinggi dengan kecelakaan. Penyebabnya, mereka belum memahami dengan baik aturan berkendara di jalan raya. Selain itu tingkat emosional tinggi, kontrol terbatas, belum memiliki risiko tanggungan keluarga juga jadi faktor lainnya.

Salah satu peserta sedang unjuk kebolehan dalam lomba PKS tingkat SMA se-Kabupaten Grobogan di SMAN 1 Toroh. (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Saat ini, secara umum kesadaran tertib berlalu lintas di kalangan pelajar masih rendah. Mereka mengendarai sepeda motor atau mobil di jalan raya, hanya sekadar bisa. Akan lebih ideal, bila mereka memahami aturan berlalu lintas dan terampil dalam berkendara.

“PKS merupakan media yang efektif dalam sosialisasi dan pembinaan tertib berlalu lintas secara dini. Diharapkan, para siswa nantinya dapat menjadi pelopor tertib berlalu lintas di kalangan keluarga dan lingkungannya,” sambungnya.

Ditambahkan, dalam pembinaan terhadap PKS, materi yang diberikan berupa berbagai permasalah di bidang lalu lintas. Misalnya, pengenalan aturan lalu lintas, cara mengatur arus lalu lintas bagaimana mengedepankan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Sementara itu, berkaitan dengan HUT ke-63 Polisi Lalu Lintas dan pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2019, Polres Grobogan telah melaksanakan lomba PKS tingkat SMA. Pelaksanaan lomba yang diikuti 11 sekolah itu dilangsungkan di aula SMAN 1 Toroh.

Dalam lomba tersebut, tim PKS dari SMAN 1 Grobogan berhasil keluar sebagai juara I. Disusul berikutnya tim SMKN 2 Purwodadi jadi juara II dan tim SMAN 1 Purwodadi dinobatkan jadi juara III.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.