Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jual Baut Berdalih Emas, Akiong Dibekuk Polisi Kebumen

0 1.527

MURIANEWS.com, Kebumen – Pelaku penipuan emas yang beraksi lintas kabupaten dibekuk jajaran Polsek Gombong, Kebumen. Pelaku Hj alias Akiong (35) warga Desa Krasak Ageng, Kecamaatan Sragen, Pekalongan mencari sasaran di sekitar toko emas.

Aksi terakhir Akiong dilakukan di depan toko perhiasan di Ruko Pasar Wonokriyo, Gombong, Kamis (22/8/2019). Saat itu, ia menawarkan sejumlah perhiasan emas dengan kadar berbeda dengan harga Rp 33 juta.

Saat emas itu ditimbang dan diperiksa, Akiong menunjukkan emas asli. Namun ketika transaksi, Akiong mengganti kotak emas dengan kotak perhiasan yang isinya mur baut dan paku. Alhasil korban rugi puluhan juta rupiah.

Kapolsek Gombong AKP Triwarso Nurwulan, dalam jumpa pers Jumat (30/8/2019) menyatakan, setelah mendapat laporan, pihaknya langsung melakukan penelusuran terhadap pelaku.

Dari hasil penyelidikan, timnya berhasil mendeteksi keberadaan Akiong berada di Kabupaten Purworejo. Sabtu (25/8/2019) tim bergerak dengan bantuan anggota Polres Purworejo untuk melakukan penangkapan.

“Dalam melakukan penangkapan kita libatkan juga Sat Reskrim Polres Purworejo. Tersangka kita amankan di Kabupaten Purworejo,” katanya didampingi Kasubbag Humas Polres Kebumen Kompol Suparno).

Ia menyebut, aksi penipuan yang dilakukan Akiong baru diketahui saat korban yang merupakan warga Desa Kalibeji, Kecamatan Sempor, Kebumen, merasa kesulitan membuka kotak perhiasan yang diberikan Akiong.

“Kotak perhiasan yang diterima selanjutnya dibuka namun susah. Sedangkan tersangka sudah pergi. Setelah berhasil dibuka dengan bantuan orang lain, isinya Cuma mur baut dan paku,” kata AKP Triwarso.

Ternyata, Akiong memang sengaja memberi perekat pada kotak perhiasan itu agar sulit dibuka. Ini dilakukan untuk memberi jeda pelaku melarikan diri.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka kemungkinan melakukan aksinya di berbagai daerah. Berdasarkan penyelidikan Polres Kebumen, tersangka juga pernah masuk penjara dengan kasus yang sama pada tahun 2018 di Kabupaten Sragen.

Polisi menyebut telah berhasil mengemanakan emas seberat 91 gram, yang pernah ditunjukan kepada korban. Polisi juga menyita 4 kotak berbentuk hati yang biasa untuk menyimpan perhiasan emas.

Petugas juga mengamankan motor matik serta 42 pasang plat nomor kendaraan bermotor palsu. Pelat nomor itu untuk menghilangkan jejak ketika melarikan diri.

“Aksinya cukup rapi, setiap memasuki kabupaten lain pelat nomor akan diganti dengan tanda nomor kendaraan sesuai daerah tersebut,” ungkapnya.

Kini Akiong kembali masuk ke jeruji besi. Ia terancam hukuman empat tahun penjara karena dijerat dengan pasal 378 KUH Pidana tentang penipuan.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.