Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gali Sumur, 2 Warga Kembang Jepara Keracunan Gas

MURIANEWS.com, Jepara – Dua orang warga Jepara pingsan di dasar sumur yang tengah mereka gali. Peristiwa ini terjadi pada Kamis (29/8/2019) di Dukuh Watulumpang, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Jepara. Beruntung dua warga ini masih mampu diselamatkan, meski akhirnya harus menjalani perawatan intensif.

Tim BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jepara dan Basarnas Jepara berhasil mengevakuasi dua orang tersebut. Sugi (40) warga Semanding, dan Satiman (47) warga Desa Bucu, sebelumnya diketahui tengah menggali sumur. Namun keduanya diketahui pingsan di dasar sumur yang mereka buat sendiri.

Kepala Pelaksana BPBD Jepara, Arwin Noor Isdianto menyatakan, dua orang korban memang tengah membuat sumur. Pada Kamis (29/8/2019) Sugi turun lebih dulu untuk melanjutkan penggalian yang sudah mencapai kedalaman 15 meter.

Belum beberapa menit turun ke dasar, Sugi merasakan ada hal yang tidak beres. Pernafasannya tiba-tiba sesak dan mendadak badanya lemas. Sugi langsung berteriak minta tolong pada rekannya.

“Mendengar rekannya minta tolong, Pak Satiman berinisiatif melakukan pertolongan. Dia turun. Namun hal yang sama terjadi padanya. Keduanya akhirnya lemas di dasar sumur,” ujar Arwin Noor Isdiyanto.

Awalnya Satiman memang bermaksud menolong rekannya Sugi. Rencananya Sugi akan diikat dengan tali tambang dan ditarik ke atas bersama warga lain. Namun, belum selesai mengikat tubuh korban, Satiman juga merasa sesak nafas dan lemas akibat kekurangan oksigen.

Satiman kemudian berusaha naik kembali untuk menyelamatkan diri. Sedangkan Sugi yang masih di dasar sumur kondisinya semakin parah. Untuk memberi pasokan oksigen, akhirnya warga memasang kipas angin yang diarahkan ke dasar sumur.

“Usaha memasang kipas angin berhasil memberi tambahan waktu bagi usaha menolong Sugi. Sampai akhirnya tim penolong datang, dan berhasil mengevakuasinya,” imbuh Arwin Noor Isdiyanto.

Sugi sendiri kondisinya sudah pingsan saat berhasil dievakuasi oleh tim penolong. Selama satu jam lebih Sugi berada di dasar sumur.

Namun hantaran angin melalui kipas angin masih memberi dirinya asupan oksigen meski dalam jumlah yang kurang. Selanjutnya, Sugi langsung dibawa ke Puskesmas Kembang untuk mendapatkan penanganan lebih intensif.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...