Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lama Mangkrak, Area Sub-Terminal Kalirejo Kudus Diminta Desa

MURIANEWS.com, Kudus – Area sub-terminal Pasar Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kudus diminta oleh pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Kalirejo. Pasalnya, sub-terminal seluas 4000 meter persegi sudah belasan tahun mangkrak.

Kepala Desa Kalirejo Agus Haryanto mengatakan, sub-terminal tersebut sebenarnya di bawah naungan Dinas Perhubungan Kudus. Tiap tahunnya mereka menyewa dari desa dan membayar sejumlah uang sewa. Hanya, karena jalur masuknya kurang efektif, terminal jadi mangkrak.

“Daripada lama mangkrak, Desember ini kamu coba ambil alih,” ucapnya Kamis, (29/8/2019) siang.

Pengambilan alih lahan yang digunakan untuk sub-terminal tersebut juga diharapkan bisa mengurangi perbuatan negatif yang kerap dilakukan di seputaran areal sub terminal tersebut saat malam hari.

“Banyak sekali orang yang berbuat mesum di sana. Penerangannya banyak yang mati,” katanya.

Sekretaris Desa Kalirejo Faiq Maulana menambahkan, pihaknya bersama Pemerintah Kecamatan Undaan, Bagian Aset Pemkab Kudus dan Dishub sebenarnya telah menggelar pertemuan akhir Desember 2018. Intinya, tanah bondo desa yang disewa untuk sub-terminal Desa Kalirejo diminta kembali untuk kepentingan desa jika telah berakhir masa sewanya.

“Perbincangan soal ini sudah dilakukan, tindak lanjutnya belum ada,” terangnya.

Faiq menjelaskan, tiap pagi hingga siang hari, sub-terminal justru sering digunakan parkir mobil dan sepeda motor pengunjung pasar. Selain itu, sub-terminal juga sering menjadi tempat bongkar muat barang milik pedagang.

“Malah lebih berfungsi untuk aktivitas pendukung pasar,” lanjutnya.

Selain itu, di sebelah selatan area sub-terminal yang masih satu blok dengan luasan sama sekitar 4.000 m2, justru digunakan untuk pembuangan sampah liar hingga menumpuk dan mengeluarkan bau tak sedap.

“Karena inilah kami ingin coba memberdayakan lahan tersebut,” terangnya.

Sementara Camat Undaan Kudus Rifa’i Nawawi mendukung upaya desa yang ingin melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakatnya. Hanya terkait permintaan pengembalian tanah desa yang ditempati sub-terminal, sebaiknya dikonsultasikan kembali pada pihak-pihak yang berkaitan.

“Kami akan coba mengajak kepala desa bertemu Plt Bupati untuk membahas masalah itu,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor Supriyadi

Comments
Loading...