Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hadiri Festival Semangka, Bupati Grobogan Kaget Lihat Semangka Raksasa Berbobot 16 Kilogram

MURIANEWS.com, GroboganBupati Grobogan Sri Sumarni dibikin kaget dan kagum saat menghadiri festival semangka di Desa Penawangan, Kecamatan Penawangan, Rabu (28/8/2019). Orang nomor satu di Grobogan tersebut mendapati semangka raksasa dengan bobot 16 kilogram.

”Wah, luar biasa. Semangkanya gede-gede dan rasanya manis sekali. Semangka Grobogan memang top,” katanya saat berkeliling stand, Rabu (28/8/2019).

Ia menjelaskan, festival yang baru pertama kali digelar ini ditempatkan di hamparan sawah, bekas areal semangka. Selain itu, festival digelar dalam rangka tasyakuran petani semangka di Kecamatan Penwangan.

”Ini pertama kali digelar. Hasilnya luar biasa. Petani semangka ini hebat-hebat,” tegasnya

Padahal, lanjutnya, dari data Dinas Pertanian Grobogan, luas area lahan semangka tahun 2018 lalu ada sebanyak 771 hektare. Dengan luasan tersebut, total produksi semangka mencapai 13.280 ton.

Areal tersebut tersebar di Kecamatan Penawangan, Geyer, Ngaringan, Wirosari, Grobogan, Brati, Godong, Tegowanu, Purwodadi, dan Tanggungharjo. Dari areal semangka sebanyak itu, hampir separuhnya berada di Kecamatan Penawangan.

“Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini. Selain merupakan upaya untuk mempromosikan hasil pertanian unggulan Kabupaten Grobogan, acara ini juga berpotensi mendukung pariwisata,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Penawangan Khasan Anwar sekaligus Ketua Panitia Festival Semangka menegaskan, saat ini petani semangka di Grobogan tengah panen raya. Hasil yang melimpah ini pun disyukuri dengan menggelar festival.

”Sudah jadi tradisi petani dan pedagang semangka, setiap panen raya selalu mengadakan tasyakuran secara swadaya. Untuk kali ini pelaksanaannya dibikin beda, yakni dengan menggelar Festival Semangka Grobogan,” kata tersebut.

Dalam festival ini ada beragam acara yang disiapkan. Seperti, klinik semangka, lomba ukir buah semangka, lomba makan semangka, lomba menebak berat semangka dan lelang semangka.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...