Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi dan UKM RI Gelar Sosialisasi Pengalihan Dana Bergulir di Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menggelar acara sosialisasi di hotel Griptha Kudus, Selasa (27/8/2019). Kegiatan ini bertujuan untuk koordinasi terkait penyaluran dana bergulir untuk penguatan koperasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, dari Direktur keuangan LPDB Ahmad Nizar, perwakilan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Jawa Tengah Sondi Purwoko, Kepala Disnaker, Perinkop, dan UKM Kabupaten Kudus Bambang Tri Wahyu, para perwakilan koperasi hingga para pelaku UMKM.

Direktur Keuangan LPDB-KUMKM Ahmad Nizar mengatakan, kegiatan sosialisasi ini untuk melakukan koordinasi tentang penyaluran dana bergulir. Apalagi, pada tahun 2000 hingga tahun 2007 kementerian koperasi menyalurkan dana bergulir untuk para pelaku usaha.

“Salah satunya di provinsi Jawa Tengah. Dulu itu ada sebesar Rp 300 miliar,” katanya selepas membuka acara, Senin (27/8/2019) petang.

Namun pada tahun 2008, LPBD-KUMK ini tidak boleh lagi menyalur dana bergulir. Penyaluran dana tersebut harus melalui badan layanan umum. Akan tetapi dana yang sudah diguliran harus dikembalikan. Hanya saja, pengembalian bukan kepada kementerian, tetapi ke LPBD itu untuk penguatan koperasi.

“Sehingga kesempatan ini bisa untuk mengalihkan dana-dana tadi,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengajak para peserta dari tujuh kota di wilayah eks-karsidenan Pati, mulai dari perbankan, koperasi, hingga para pelaku UMKM untuk memahami aturan dana bergulir. Salah satunya dengan memahami mekanisme. Mulai dari kebijakan pemberian pinjaman atau pembiayaan bagi koperasi dan UMKM, review program dana bergulir bidang pembiayaan tahun 2000-2007, nilai realisasi bidang produksi dan pemasaran.

“Semua udah kami sampaikan di sosialisasi ini. Berikutnya, ada mekanisme pengalihan dana bergulir. Semoga saja bisa dimanfaatkan,” katanya.

Sementara itu, Bambang Tri Wahyu, Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus yang sekaligus membuka acara mengucapkan selamat atas sosialisasi tersebut. Menurutnya, pengalihan dana bergulir yang digelar oleh kementrian koperasi dan UMK RI akan sangat berguna bagi para pelaku usaha.

“Selamat mengikuti sosialisasi. Saya pesan pahami betul apa yang disampaikan. Ini akan bermanfaat bagi teman-teman,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...