Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Pimpinan DPRD Jepara, PDIP Masih Tunggu Rekom dari Megawati

0 127

MURIANEWS.com, Jepara – Proses penunjukan Pimpinan Definitif DPRD Jepara masih bergulir di DPRD Jepara. Dari empat parpol yang mendapatkan jatah untuk menduduki posisi pimpinan DPRD Jepara, masih menyisakan PDI Perjuangan Jepara yang belum mengajukan nama.

Menurut Ketua DPC Nasdem Jepara, Pratikno, dari 4 parpol sampai Selasa (27/8/2019) sudah ada tiga yang mengajukan nama calon pimpinan.

Mereka masing-masing H Nurudin Amin (Gus Nung) dari PKB, Imam Zusdi Ghozali dari PPP dan dirinya sendiri (Pratikno) mewakili Nasdem. Rekomendasi dari 3 parpol ini sudah masuk ke Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Jepara.

“Sedangkan dari kawan-kawan PDI Perjuangan Jepara sampai hari ini belum masuk. Proses ini tentu menunggu rekom dari PDI Perjuangan Jepara. Kabarnya dalam satu dua hari ini sudah akan masuk,” ujar Pratikno, Selasa (27/8/2019).

Menurut Pratikno, proses penetapan pimpinan DPRD Jepara, sesuai aturan akan diisi dari 4 parpol yang mendapatkan suara besar di parlemen. PPP Jepara sebagai pemenang Pemilu 2019 di Jepara akan mendapatkan posisi sebagai ketua DPRD. Sedangkan PDI Perjuangan, Nasdem dan PKB akan mendapatkan posisi sebagai wakil ketua DPRD.

Setelah semua rekomendasi dari masing-masing parpol sudah masuk, proses selanjutnya adalah mengajukannya ke gubernur Jawa Tengah. Sekretaris DPRD Jepara akan mengajukannya melalui bupati Jepara.

Setelah SK dari gubernur turun, tahapan selanjutnya akan dilakukan pengambilan sumpah jabatan untuk pimpinan DPRD Jepara devinitif.

“Prosesnya seperti itu. Saat ini kami masih menunggu PDIPerjuangan. Mungkin mekanisme di PDI Perjuangan kan berbeda dengan di parpol yang lain. Jadi kami menghormati saja bagaimana proses di internal mereka,” ujar Pratikno menambahkan.

Terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara, Andang Wahyu Triyanto menyatakan, sampai saat ini proses mengenai rekomendasi untuk pimpinan DPRD Jepara masih berproses.

Pihaknya sejauh ini sudah menyampaikan 3 nama ke DPP melalui DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Siapa yang akan mendapatkan rekomendasi dari nama-nama tersebut masih ditunggu.

Proses di PDI Perjuangan memang berbeda, dan pihaknya berharap hal ini bisa dimaklumi oleh semua pihak. Tiga nama yang sudah diajukan adalah Junarso, Sutrisno dan Yuni Sulistiyanto. Siapa yang akan ditunjuk, semua bergantung kebijakan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Untuk masalah pimpinan DPRD, sampai hari ini se-Indonesia belum ada rekomendasi yang disampaikan oleh DPP. Kami tegak lurus dengan DPP, jadi masih menunggu dari sana,” ujar Andang Wahyu Triyanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.